Sejarah Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor adalah kebun bontani terbesar di Indonesia luasnya mencapai 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. di kebun ini juga terdapat bunga raksasa yang terkenal yaitu raflesia.

71

wisatabogor.id – Kebun Raya Bogor adalah kebun bontani terbesar di Indonesia luasnya mencapai 87 hektar dengan 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. di kebun ini juga terdapat bunga raksasa yang terkenal yaitu raflesia. saat ini kebun raya Bogor masuk dalam daftar salah satu  kebun raya terbaik di dunia yang juga berfungsi sebagai tempat konservasi dan penelitian.

Menurut sejarah Kebun Raya Bogor dibangun pada masa pemerintahan Raja Sri Baduga Maharaja  atau yang lebih dikenal sebagai Prabu Siliwangi pada tahun 1474-1513. dahulu kala Kebun Raya Bogor merupakan Samida atau hutan dan taman buatan. Kebun Raya Bogor dahulu kala juga sebagai pembatas antara Cianjur dengan Bogor, setelah kerajaan Sunda takhluk dengan kerajaan banten, hutan ini dibiarkan begitu saja hingga oleh Van Der Capellen yang seorang gubernur jenderal dibangun sebuah rumah peristirahatan pada abad ke 18.

Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor ini sejatinya dibangun pada tahun 1800 saat Gubernur Jenderal Raflles berkuasa. kecintaanya terhadap tanaman menjadikan dirinya berkeinginan menyulap taman buatan ini menjadi kebun yang cantik. dengan bantuan dari ahli bontani dari London inggris yang akhirnya menyulap Kebun Raya Bogor menjadi bergaya inggris klasik. pada tahun 1814 istri dari Raflles meninggal dunia, karena pengabdian beliau yang ikut andil dalam pembangunan Kebun Raya Bogor dibangunkan Monumen di komplek Kebun Raya ini dengan diberi nama Olivia Raflles Monument. Sejarah Kebun Raya Bogor

BACA JUGA:  Uji Adrenalin Bermain Gantole Puncak Bogor

Kebun Raya Bogor sepanjang perjalanan sejarahnya mempunyai berbagai nama dan julukan, seperti:
• ’s Lands Plantentuin
• Syokubutzuer (zaman Pendudukan Jepang)
• Botanical Garden of Buitenzorg
• Botanical Garden of Indonesia
• Kebun Gede
• Kebun Jodoh

BACA JUGA : Singgah Di Kampung Budaya Sindangbarang

Kebun Raya Bogor selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap hari nya, selain memang inggin melihat berbagai koleksi pohon dan tanaman udara di sekitar kebun ini memang terasa segar. sehingga banyak otang yang datang kesini juga bertujuan inggin menikmati udara segar yang kian langka di perkotaan. selain tumbuhan dan bunga di kebun raya Bogor juga terdapat berbagai contoh tanaman yang berguna bagi manusia misal kelapa sawit, kina, tebu, ubi kayu, jagung dan vanili.

Sejarah kebun raya Bogor masih satu komplek dengan Istana Bogor tetapi pada 30 mei 1868 secara resmi kepengurusanya terpisah dengan Istana Bogor. tidak hanya itu di kebun raya Bogor juga terdapat sebuah taman yang tidak banyak orang tau. banyak orang menyebutnya dengan taman rahasia padahal nama taman itu adalah taman Bhineka. dinamakan taman Bhineka karena terdapat replika burung garuda ditengah-tengah taman tersebut. selain itu terdapat patung setengah badan yaitu patung dari Sudjana Kasan yaitu orang pertama Indonesia  yang menjadi pimpinan Kebun Raya Bogor menggantikan  J.Douglas.

Anda mungkin juga berminat