Berwisata ke Taman Buah Mekarsari

50

wisatabogor.id – Taman Buah Mekarsari adalah tempat wisata yang mengambil tema berkebun. Di tempat ini setidaknya ada lebih dari 100.000 jenis tanaman buah yang terdiri atas 78 spesies dan 1472 varietas kawasan wisata seluas 264 hektar. Taman Buah Mekarsari berada di Jalan Raya Cileungsi, Jonggol, Kabupaten Bogor. Kebun buah dimulai oleh Ibu Tien Soeharto yang dibangun pada tahun 1990 dan dibuka pada tahun 1995. Awalnya konsep taman buah Mekarsari ini sebagai tempat untuk menanam konservasi, tetapi ide ini kemudian ditambahkan ke kawasan konservasi, kehutanan, pendidikan dan rekreasi.

Taman Mekarsari memiliki beragam arena bermain, seperti The Big Baloon, Mono Rail, Aeroplane, Mini GoKart, Bom-Bom Car, dan Fancy Train dan artikel air, seperti mengarungi danau dengan Perahu Kano dan Dragon Boat, Mini Aqua Boat, Water Bike, Floating Donat, Banana Boat, Giant Bubble serta Atraksi kebun dan budidaya, atraksi sepeda, olahraga, dan outbond.

Taman Wisata Mekarsari saat ini telah memiliki koleksi ribuan tanaman dari beberapa jenis species. Selain buah yang ditanam sesuai dengan aslinya, ada juga tanaman buah yang merupakan hasil kreasi sendiri dari Laboratorium Mekarsari. Beberapa produk yang telah dihasilkan dari laboratorium ini telah berhasil menarik minat pengunjung, bahkan sudah menjadi produk unggulan seperti nanas arnis, barbados cherry, jambu air irung petruk, jambu air toon klow, jambu air cengkih, nangkadak, cempeka dan pedakka.

Taman Buah Mekarsari

Berwisata ke Taman Buah Mekarsari. Tiga jenis buah yang disebut terakhir adalah hasil persilangan antara cempedak dan nangka. Rasa dan aromanya sangat khas. Manis seperti cempedak namun bentuknya seperti nangka. Saat ini tanaman tersebut sedang dalam pengembangan. Bila tertarik untuk membeli bibitnya, bisa didapat di Garden Center, tempat yang mengkhususkan menjual aneka bibit tanaman buah.

Beberapa koleksi tanaman biofarmaka di Taman Buah Mekarsari juga dapat dilihat pengunjung, diantaranya jahe, pala, jeruk nipis, kemiri, dan lain-lain. Juga ada tanaman hias seperti bunga anggrek dan adenium. Dan ada juga tanaman industry seperti kelapa, kopi, tembakau, dan kakao. Dan pengujung juga dapat melihat koleksi tanamaan pangan, tanaman pelindung, dan sayur-mayur.

BACA JUGA:  Pilihan Tempat Wisata Dibogor yang Terbaik 2017

BACA JUGA : Melihat Isi Museum Pembela Tanah Air

Taman seluas 264 hektar ini dilengkapi dengan sarana wisata untuk wisatawan nusantara maupun mancanegara. Wisata di tengah taman buah didukung oleh berbagai wahana yang mendekatkan pengunjung kepada alam, di anataranya:

  • Family Garden,
  • Rekreasi Danau (20 ha),
  • Baby Zoo,
  • Rusa Tutul,
  • Garden Center,
  • Greenhouse Melon,
  • Outbound,
  • Bunga Bangkai,
  • Kids Fun Valley,
  • Menara Pandang,
  • Bangunan Air Terjun (Puri Tirto Sari).

Ada juga Water Kingdom di Mekarsari, tempat ini merupakan wahana wisata air raksasa seluas sekitar 5,2 hektar yang langsung terhubung ke danau. Water Kingdom mampu menampung 15.000 pengunjung. Pada Water Kingdom Mekarsari, ada Lazy River, aliran terpanjang panjang Indonesia dari 600 meter. Selain itu, ada juga geser Boomerang yang memiliki ketinggian menara 16 meter dan papan luncur sepanjang 118 meter.

Taman ini juga memiliki danau Cipicung yang meliputi sekitar 20 hektare. di dalam air, Anda dapat menikmati pemandangan di atas perahu dan mengambil gambar dengan jembatan latar belakang besi palang merah di atas air. Kemudian ada juga tempat pembelajaran bagi anak-anak, yaitu Kids Farmer. Minimal empat orang anak, pada hari Selasa-Jumat, dapat belajar menanam pohon. Berwisata ke Taman Buah Mekarsari

Terakhir, pengunjung dapat membeli bibit tanaman, buku, cinderamata atau buah-buahan di pusat perbelanjaan di salah satu sudut taman Mekarsari. Jadi tunggu apalagi ayo ajak keluarga serta anak-anak berkunjung ke Taman Buah Mekarsari. Pasti kamu bisa mendapatkan pengalaman seru dan berbeda.

Anda mungkin juga berminat