Bersantai Ria di Situ Gede

wisatabogor.id – Wisata Alam Situ Gede terkenal di masyarakat Jabodetabek karna viral nya di sosial media. Lokasi nya sekitar 10KM dari pusat Kota Bogor. sebenarnya sangat gampang dijangkau masyarakat dari luar kota.

Bagi warga Jakarta dan Cibinong terus ke barat melalui Jalan Sholeh Iskandar-Yasmin-Terminal Bubulak maka sampailah ke lokasi Situ Gede. Bagi mereka yang datang dari arah Kota Bogor bisa langsung melalui jalan Gunung Batu-Terminal Bubulak-Situ Gede. Akses jalan menuju lokasi pun kini cukup bagus tidak seperti beberapa tahun ke belakang yang masih berupa jalan tanah. Tetapi kini jalan ke lokasi sudah berlapis aspal yang lebar dan mulus.

Bersantai Ria di Situ Gede di tengah danau terdapat sebuah gundukan menyerupai pulau kecil yang banyak di huni oleh berbagai burung-burung air. Tidak jauh dari lokasi Situ Gede, terdapat pula dua buah anak danau yang merupakan bagian dari Situ Gede, yaitu Situ Leutik dan Situ Panjang Anda juga dapat mengunjungi pulau yang berada di tengah-tengah danau untuk berziarah di makam Eyang Prabudilaya. Warga sekitar menyakini ketiga situ tersebut bila diamati secara seksama seperti berbentuk kujang.

Situ Gede Bogor
Untuk sementara ini Situ Gede selain telah dijadikan tempat lokasi pilihan wisata Bogor bagi warga sekitar untuk sekedar melepas kepenatan dan hiburan murah meriah bagi keluarga, danau tersebut juga berfungsi sebagai irigasi pertanian dan perkebunan masyarakat sekitarnya.

BACA JUGA:  Liburan di Griya Sawah Lega

Situ Gede ini pertama kali di kembangkan oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai tujuan untuk pengairan ribuan hektar sawah para penduduk, diantaranya meliputi wilayah di Kecamatan Kawalu, Mangkubumi, Indihiang, dan juga Cibeureum. Kemudian pada bagian tengah-tengah danau tersebut juga terdapat sebuah pulau. Selain itu juga terdapat makam Eyang Prabudilaya, yakni beliau seorang tokoh penguasa pada masa silam yang mitosnya telah menjadi legenda bagi masyarakat Tasikmalaya.

Selain itu kalian juga dapat menggunakan fasilitas gazebo yang dibangun di pinggir situ Gede dan di atas bukit di sekitar Situ. Bersantai Ria di Situ Gede disini banyak sekali aktivitas lain yang bisa dilakukan antara lain jogging atau bersepeda menggunakan fasilitas jogging track yang ada di tepi selatan dan timur situ gede, outbond di perbukitan ataupun camping di bantaran situ gede. Event yang dapat di saksikan di bantaran situ gede, mulai dari balap rakit, festival rakit hias, lomba dayung perahu, lomba memancing yang sudah menjadi agenda tahunan tempat ini. Sedangkan untuk kuliner anda bisa menikmati sajian ikan bakar yang disediakan di banyak tempat makan di sekitar danau.

Anda mungkin juga berminat