Menikmati Tenangnya Gunung Pancar Sentul

Wisatabogor.id – Gunung Pancar adalah salah satu tempat wisata Bogor yang terletak di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Tempat wisata ini cukup populer dikalangan masyarakat, terutama untuk para pecinta alam dan turis yang mencari tempat wisata yang berbeda.

Gunung Pancar Sentul berada di kecamatan Citereup, Kabupaten Bogor. Perjalanan untuk kesana cukup enak. Kalau naik sepeda motor untuk kesana kalian bisa melewat Desa Cimahpar lalu sampai di Sentul Selatan. Perjalanan menuju atas pun sudah sangat bagus, karna jalannya sudah di aspal.

Nama gunung pancar berawal dari kepercayaan masyarakat lokal akan makna gunung sebagai pondasi utama bumi. Jadi Konon katanya, saat bumi diciptakan, belum ada gunung. Ketika bumi di ciptakan pertama kali hanya ada tanah yang rata. Oleh karena itu di bumi sering terjadi gempa.

Karena kondisi bumi yang terus terusan mengalami bencana, maka diciptakanlah gunung sebagai pasak atau pondasi agar bumi lebih tenang dan kuat. Berawal dari situlah nama gunung ini diberi nama “Pancar”, yang artinya “muncul yang pertama”.

Di Gunung Pancar Anda dapat menemukan berbagai jenis tanaman seperti Pinus, Rasamala, Puspa, Rotan, Jamuju, Saninten, dan masih banyak lagi. Kawasan wisata alam di Bogor ini juga memiliki sejumlah satwa yang hidup secara bebas.

Gunung Pancar Sentul dikelilingi oleh hutan alam dataran rendah, hutan tanaman, serta semak belukar. Melihat kondisi ini sudah tentu, udara sejuk dan pemandangan yang asri akan sangat terasa. Suhu udara di kawasan wisata Gunung Pancar ini berkisar 24 derajat Celcius pada malam hari, lalu pada siang hari berkisar di sekitaran 33 derajat Celcius. Menikmati Tenangnya Gunung Pancar Sentul.

gunung pancar bogor

Tempat wisata Bogor Gunung Pancar Sentul ini memang suasananya adem dan segar. Jika kalian anak uda yang kekinian pasti akan suka dengan tempat gunung pancar karena di sini banyak spot yang bagus untuk berfoto.

BACA JUGA:  Tempat Wisata di Puncak yang Paling Memikat

Di tempat ini kalian bisa camping, hiking, dan bersepeda. Semua kegiatan itu bisa dilakukan di sini, karna fasilitas camping sudah tersedia.

Selain menikmati panorama alam yang terdapat dikawasan Wisata Alam Gunung Pancar, anda juga bisa mengunjungi lokasi wisata menarik lainnya yang masih terdapat didalam kawasan wisata alam Gunung Pancar seperti Giri Tirta Hot Spring Resort and Spa. Suasana alam yang terdapat di kawasan ini, tampak yang begitu mengesankan. Dibangun dengan desain dan bentuk layaknya sebuah taman didalam hutan, Giri Tirta telah menjelma menjadi salah satu kawasan wisata rekreasi yang banyak menarik minat wisatawan.

Gunung Pancar ini mulai dikembang menjadi kawasan wisata sejak tahun 1994 yang lalu. Sedangkan pengelolaan berbagaipotensi yang tersedia disana juga diserahkan kepada PT. Wana Wisata Indah, dimana saat ini telah banyak sekali potensi alam yang dimanfaatkan guna menjadi beberapa objek menarik, sekaligus menawarkan berbagai bentuk kegiatan berwisata alam. Menikmati Tenangnya Gunung Pancar Sentul.

Anda mungkin juga berminat