Asinan Bogor

29

wisatabogor.id – Berbicara mengenai Asinan Bogor sama dengan berbicara mengenai Batagor Bandung. Jika kuliner Bandung berkhaskan Batagor, maka Bogor memiliki kekhasan sendiri dalam kulinernya, yaitu asinan Bogor. Banyak pengunjung kota Bogor, khususnya Pengunjung dari Kota Jakarta, hampir selalu menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh Asinan Bogor ini.

Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia.

Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak, perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Betawi dan Asinan Bogor.

Sensasi yang diberikan oleh kuah asam pedas khas dari Asinan Bogor memang membuat orang kesengsem dan “ketagihan” dengan kuliner yang satu ini.

Asinan Bogor

Kuah ini bisa di”guyur” di atas potongan sayur atau buah dengan ditemani kerupuk kuning dan kacang tanah sebagai pelengkap.

BACA JUGA:  Bogor Princess Cake Syahrini

Ada dua jenis asinan yang bisa kita beli: Asinan Sayur dan Asinan Buah. Untuk asinan sayur biasanya berisi irisan kol, wortel, tauge, sawi asin dan tahu, diguyur kuah asinan yang asam dan pedas. Disajikan bersama kacang tanah dan kerupuk kuning. Ahh, segarnya emang mantap, apalagi jika disajikan dingin-dingin.

Asinan Buah juga gak kalah menariknya. Potongan pepaya, kedondong, bengkuang, jambu air, mangga, nanas dan juga pala, disajikan dengan cara yang sama, diguyur kuah merah yang asam dan pedas serta ditambahkan kacang tanah dan kerupuk kuning.

Buat yang berwisata kuliner di Bogor, selain Asinan Bogor ini, jangan lupa juga cicipi kuliner khas bogor lainnya seperti soto kuning, doclang, cungkring dan toge goreng.

Alamat :
Jl. Binamarga No. 1 Bogor

Akses Menuju Lokasi :
Dari Stasiun Kota Bogor : Naik Angkutan Umum 03, turun di Jl. Binamarga No. 1 Bogor (seberang Terminal Baranangsiang).

Dari Terminal Baranangsiang : Jalan kaki karena terletak di seberang Terminal Baranangsiang.

Anda mungkin juga berminat