Curug Panjang Megamendung Puncak

wisatabogor.idWisata Bogor Curug Panjang terletak di lereng Gunung Paseban, Megamendung Bogor. Ketinggian sekitar 1000 mdpl, kawasan wisata seluas 30 hektar ini menjual keindahan Sungai Cirangrang sebagai komoditas utamanya. Sungai inilah yang membentuk 4 air terjun di kawasan ini, mulai dari teratas yaitu: Curug Blao, Curug Panjang, Curug Bunder dan Curug Barong. Curug Panjang yang namanya dipakai sebagai nama lokasi merupakan yang terdekat dari gerbang masuk, paling ramai dan termudah untuk dikunjungi. Sesuai namanya, bentuknya bukanlah vertikal seperti air terjun umumnya, tapi membentuk slope miring sepanjang +/- 20 meter dengan debit air yang cukup deras. Beberapa aktivitas selain itu adalah camping, outbound/gathering, bushwalking ke beberapa curug lain, mountain-bike, & pastinya jeprat jepret. Cucok buat sekedar one day family picnic atau buat yang mau camping tapi ga punya camping gear, disini juga disewakan tenda, sleeping bag dll, termasuk alat masak.

Berjarak seputar 8 kilo meter dihitung dari jalan masuk di pertigaan Megamendung (sebelah Mesjid Jami Nurul Huda) dari arah jalan raya Bogor Puncak. Dari pertigaan tersebut belok kiri melintasi Unilever Learning Center, Mega Training Center, Pusdik Reskrim Polri. Dulu dari Reskrim ambil jurusan kanan, ada sekian banyak ruas jalan yg rusak akibat longsor, kemudian dapat melintasi hutan pinus. Penunjuk arah kurang terang, tetapi ikuti saja tanda panah di jalanan aspal atau bertanya kanan-kiri.

Curug Panjang Megamendung Puncak

Terkecuali itu akan serta di raih dari arah Cilember (ruang dari arah timur), tetapi mesti rela melalui jalan tanah yg nampaknya lumayan lebar, hanya kurang terang konturnya. Curug Panjang Megamendung Puncak.

BACA JUGA:  Wisata Air Panas Ciparay

Seterusnya buat mencapai area dasar curug ada dua jalan (jalur), untuk trayek perdana bersama berlangsung kaki menyusuri sebahagian sungai sejauh 300-400 meter (dikenal bersama jurusan bawah). Sedangkan utk jalur ke-2 pula bersama terjadi kaki dapat namun melintasi punggungan di sebelah barat sungai setelah itu memutar lewat jembatan yg melintang di atas Curug Panjang dulu menyebrang ke punggungan sebelah timur sungai, lewat camping ground & turun kearah Curug (dikenal dengan rute atas). Untuk jurusan ke-2 ini membutuhkan dikala lebih lama dikarenakan lebih jauh jarak rutenya.

Curug Panjang Megamendung Puncak. Bagi yg mau mengadakan aktivitas outbound & berkemah dapat namun tidak punya/membawa camping gear pihak pengelola sediakan penyewaan beraneka ragam kategori tenda, sleeping bag, dapur dadakan, api unggun, dan seterusnya termasuk juga fasilitas memasak & peralatan makan yg memadai.

Tidak Cuma itu di dekat curug dijumpai sekian banyak taman seperti taman sakura, taman herbal & yang lain, serta ada sekian banyak pohon-pohon yg berasal dari luar negara.

Anda mungkin juga berminat