Melihat Keindahan Taman Bunga Nusantara

45

wisatabogor.id – Taman Bunga Nusantara Merupakan salah satu Taman Bunga Terbesar di Indonesia. Luas taman ini sekitar 23 hektare. Taman Bunga Nusantara ini dirintis oleh Ibu Dani Bustanil Arifin sejak tahun 1992. Ibu Dani Bustanil Arifin yang saat itu menjabat Ketua Yayasan Bunga Nusantara beserta anggota Yayasannya membangun taman bunga ini, yang tak lain merupakan bentuk penciptaan aset agrowisata yang kini menjadi destinasi wisata nasional dan Internasional.

Melihat Keindahan Taman Bunga Nusantara. Cita-cita Yaysan Bunga Nusantara memiliki taman rupaya mendapat dukungan penuh dari Pemerintah, tak ayal Pada Tahun 1995 Taman ini diresmikan dan dibuka untuk umum oleh Presiden Soeharto sebagai tempat wisata dan tempat penelitian. Ada beberapa taman yang ada di Taman Bunga Nusantara, seperti :

Taman Perancis, konsep awal taman ini mengacu pada konsep taman di daratan Eropa dimana tren taman yang tidak mengedepankan bunga sebagai unsur utamanya melainkan kerapihan, keserasian, dan keseimbangan bentuk menjadi ciri tersendiri taman ini, Buat kamu yang datang ke lokasi ini di jamin bakal betah lama-lama di kawasan taman ini.

Pesona Taman Air, tanaman air di sini beradaptasi terhadap lingkungannya yang berair secara vertikal dan horizontal, di penuhhi bunga yang berwarna warni dari berbagai penjuru dunia. Taman ini memiliki danau yang cukup luas beberapa species angsa dan ikan yang menambah indahnya taman ini. Sebagian orang menyebutkan kawasan taman air ini di beri nama danau dewi kunthi, karena di pinggir danau terdapat patung besar perwujudan dewi kunthi.Selain itu di kawasan ini juga terdapat beberapa tempat duduk, nah dari sini pengunjung bisa menikmati indahnya danau ini dengan angsa-angsa didalamnya.

Taman Mawar, ada ratusan koleksi bunga mawar yang indah dan wangi, Koleksi Bunga Mawar taman Bunga Nusantara terbilang lengkap, dan tentu ini memberi kepuasan tersendiri buat kamu yang berkunjung di musim pasnas karena bunga-bunga mawar yang ada di taman ini mulai menujukan keindahan dan pesonanya.

Taman Labirynth, Di Taman Bunga Nusantara ini ada Taman Rahasia atau taman Labirynth. Mengusung konsep Maze Garden dengan pola Renaissance dengan tetap mengedepankan makna awal keberhasilan Theseus merebut Adriane di jalan tak berujung.

Taman Bali, merupakan suatu bentuk apresiasi atas kreasi anak bangsa Indonesia yang keberadaannya telah diakui oleh masyarakat internasional. Keunikan bangunan serta bentuk kreasi Bali lainnya telah menjadikan Taman Bali sebagai taman yang memiliki keunikan dan mudah dikenali oleh masyarakat internasional. Bangunan, patung, dan tanaman khas Bali seperti Candi Bentar, atau Gapura Pintu Masuk, Bale Bengong, dan Bale Kul Kul menghiasi sekitar taman ini. Tanaman yang mendominasi lokasi taman ini adalah bunga kamboja, bunga sepatu, aneka helikonia, serta tanaman tropis berdaun indah lainnya.

BACA JUGA:  Danau Quarry Parung

Taman Mediterania, didesain untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang suatu lokasi yang berada di daerah gurun seperti yang ada di kawasan Mediterania. Dengan atap kaca, memungkinkan sekali ragam kaktus seperti Notocactus magnificus, Cephalocereus senilis, Opuntia rufida, serta Cereus hexagonus tumbuh kembang seperti di daerah asalnya. Konsep lainnya juga sangat unik, taman ini memiliki hamparan batu dan pasir putih yang lebih mengarah kepada keberadaan pantai Mediterania yang memiliki hamparan pasir putih yang luas.

Taman Palem, koleksi palem di sini mencapai lebih dari seratus varietas dari berbagai tempat di dunia. Beberapa palem yang memiliki keunikan khusus diantaranya Washingtonia robusta atau Palem Kipas Meksiko yang berasal dari Meksiko. Tanaman unik lainnya adalah Screw Pine atau Pandanus utilis dari Madagascar. Palem lain yang tak kalah cantiknya yang berada di kawasan taman ini yaitu Palem Alexandra atau Archontophoenix alexandrae dari Queensland-Australia. Palem raksasa yang berada di jalur menuju ke Rumah Kaca adalah Cuban Royal Palm atau Roystonea regia berasal dari Kuba. Palem lainnya yang tak kalah menarik adalah Palem Botol atau Hyphorbe leganicaulis, Palem Jelly atau Butia capitata, Palem Phoenix atau Phoenix roebelinii.

Taman Jepang, Taman inilah tujuan mereka. Begitu anda memasuki taman, anda akan menemukan unsur – unsur utama taman Jepang, yaitu : batu-batuan, kayu, kesederhanaan desain, kolam, gerakan air, dan kesunyian.

Rumah Kaca, merupakan hasil karya seni tinggi, dimana sistim pengaturan suhu, kelembaban, dan intesitas cahaya sudah merupakan suatu paket. Sistem atau perangkat tersebut dapat digerakan secara otomatis maupun secara manual sesuai dengan kebutuhan. Adapun bunga bunga yang mengisi Rumah Kaca yang memiliki luas 2.000 m2 dan 3.000 panel kaca ini adalah bunga-bunga yang tidak bisa bertoleransi dengan iklim yang ekstrem seperti derasnya air hujan dan teriknya sinar Matahari. Melihat Keindahan Taman Bunga Nusantara.

Anda mungkin juga berminat