7 Wisata Air Terjun di Bogor

wisatabogor.id – Salah satu daerah yang paling banyak ditemukan wisata curug ini adalah kabupaten bogor dan sekitarnya. Setidaknya terdapat 7 air terjun yang bisa ditemui di kota yang berseberangan dengan jakarta ini. 7 Wisata Air Terjun di Bogor terbaik di kabupaten bogor yang wajib untuk kamu kunjungi.

1. Curug Bidadari

Jika pada umumnya lokasi air terjun identik dengan kolam alami yang terbentuk secara natural sejak sekian tahun lamanya, maka tidak demikian saat anda berkunjung ke Curug Bidadari ini. Karena keindahan dari lokasi wisata ini tak lepas dari campur tangan manusia. Sengaja didesain dengan lebih aman dan nyaman, kolam-kolam yang ada di curug Bidadari ini adalah buatan manusia yang dibuat dengan sebaik-baiknya agar tetap terlihat natural. Meskipun merupakan jenis wisata buatan tetapi aliran airnya masih murni dari air terjun yang ada di lokasi tersebut.
Lokasi wisata Curug Bidadari adalah salah satu lokasi air terjun di Bogor yang paling populer dan berada di kawasan Sentul Paradise Park. Lokasi wisata ini sangat direkomendasikan untuk anda yang berlibur bersama keluarga. Karena kolam-kolam yang merupakan hasil karya manusia ini dibuat dengan lebih terukur sehingga lebih aman untuk anak-anak yang ingin bermain air.

2. Curug Cilember
Berada di Curug Cilember tidak hanya akan membuat anda merasa senang sebab aliran airnya yang begitu jernih dan segar namun juga udaranya yang pastinya lebih dingin, karena lokasi wisata Curug Cilember ini berada di kawasan puncak lebih tepatnya adalah Desa Jogjogan di Kecamatan Cisarua.
Pesona alam yang masih benar-benar natural terlihat begitu jelas, mulai dari arsitektur alam yang membuat air terjun ini memiliki 7 tingkat yang terbentuk secara alami, bebatuan yang terlihat kokoh membentuk kolam yang bisa anda jadikan untuk tempat bermain air. Pepohonan di sekitar Curug Cilember ini juga masih sangat rimbun, sehingga oleh pengelola wisata, tempat ini juga dikembangkan lagi sebagai tempat konservasi kupu-kupu karena kondisi udaranya yang memang sangat mendukung.

3. Curug Cigamea
Kawasan lokasi ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan, karena merupakan air terjun di kawasan Bogor yang lokasinya tidak terlalu jauh serta kondisi jalan yang tidak ekstrim. Atmosfer air terjun yang sejuk dan gemercik air tentu bisa anda nikmati saat berada di kawasan ini. Curug Cigamea masih berada di kawasan TNGHS atau Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Desa Cibatok, dari pintu gerbang TNGHS anda hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk bisa sampai ke lokasi tersebut sebab jaraknya terhitung hanya 700 meter saja.

BACA JUGA : 5 Tempat Wisata Di Puncak Bogor

4. Curug Ngumpet
Masih di kawasan TNGHS anda tidak hanya bisa mengunjungi curug Cigamea saja namun juga bisa mampir ke Curug Ngumpet yang lokasinya lebih dekat yaitu 200 meter saja dari pintu masuk. Warna air di kolam air terjun ini adalah warna tosca sehingga terlihat begitu segar dan menggoda untuk mengajak anda berenang atau sekedar bermain air di dalamnya.

BACA JUGA:  Uji Adrenalin Bermain Gantole Puncak Bogor

5. Curug Naga
Jika mendengar nama dari air terjun ini mungkin saja terdengar sedikit mistis, bayangan kita mungkin saja di tempat ini dahulu pernah ada seekor naga tau legenda yang berkaitan dengan Naga. Namun terlepas dari perkiraan tersebut, yang pasti bisa anda dapatkan saat berada di lokasi wisata bogor Curug Naga ini memang sedikit berbeda dengan lokasi curug-curug lain yang ada di Bogor, sebab Curug Naga ini lebih identik untuk mereka yang ingin melakukan wisata khusus seperti body rafting sehingga sangat direkomendasikan untuk anda yang memiliki nyali besar dan menjelajah sungai sepanjang 100 meter dengan keberanian penuh. Untuk datang ke lokasi ini dan menjajal melakukan kegiatan yang mengundang histeria tersebut tidak perlu melakukan reservasi terlebih dahulu karena anda bisa langsung datang ke lokasi ini.

6. Curug Panjang
Tidak seperti kawasan air terjun lain rata-rata memiliki ketinggian lebih dari 5 meter, untuk Curug Panjang ini air yang mengalir tidak terlalu tinggi dan hanya seperti sungai yang memiliki sudut kemiringan. Walaupun demikian kawasan ini masih tetap ramai dikunjungi oleh para peminat wisata air alami, karena kesegaran dari air Curug Panjang yang tidak kalah dengan air yang ada di kawasan Curug di Bogor. Tingkat kedalaman dari kolam yang terbentuk alami di Curug Panjang ini cukup dalam yaitu mencapai 7 meter sehingga bagi Anda yang belum memiliki keahlian berenang harus waspada.

7. Curug Pangeran
Kawasan lokasi ini masih berada di daerah Gunung Salak yang berdekatan dengan Curug Ngumpet sehingga untuk Anda yang berada di kawasan Gunung Salak memang memiliki alternatif pilihan kawasan air terjun yang cukup banyak dan rata-rata semuanya memiliki kolam alami yang bisa digunakan untuk berenang atau bermain air. Curug Pangeran memiliki ketinggian yang hanya 6 meter saja sehingga tidak terlalu berbahaya khususnya bagi Anda yang ingin mencoba merasakan sensasi percikan air langsung dari air terjun, karena dengan ketinggian 6 meter saja Air yang jatuh tidak akan terlalu terasa sakit saat mengenai kulit.

7. Curug Luhur
Air terjun yang berada di Desa Gunung Malang ini memang terlihat lebih Istimewa karena tidak hanya terdiri dari satu air terjun saja melainkan dua air terjun, sehingga air yang ada di kolam alami begitu melimpah dan terasa begitu segar. Air terjun utama di Curug Luhur ini memiliki ketinggian yang mencapai 624 meter sehingga debit airnya cukup banyak dan sangat tidak disarankan untuk berada di bawahnya secara langsung karena sangat membahayakan, sebagai gantinya Anda bisa beralih ke bagian air terjun yang satunya dengan lokasi yang sangat berdekatan, karena selain tidak terlalu tinggi debit airnya juga tidak terlalu besar sehingga masih sangat aman jika anda ingin merasakan refleksi pijatan dari air terjun. 7 Wisata Air Terjun di Bogor.

Anda mungkin juga berminat