5 Tempat Asyik Wisata Bogor untuk Akhir Pekan

35

wisatabogor.id – Punya banyak tempat wisata, Bogor merupakan destinasi favorit akhir pekan warga Jakarta. Setidaknya, berikut 5 Tempat Asyik di Wisata Bogor untuk Akhir Pekan yang bisa jadi rekomendasi kamu.

Mau wisata kuliner, belanja dan alam, semua ada di Bogor. Tak ayal, Bogor pasti dibanjiri ketika hari libur atau akhir pekan tiba.

Selain wisata kuliner, Wisata Bogor di sepanjang Jalan Pajajaran atau Suryakencana, masih banyak hal seru lain yang bisa dilakukan di Kota Hujan. 5 Tempat Asyik di Wisata Bogor untuk Akhir Pekan yang bisa didatangi:

Kampung Budaya Sindangbarang, bukan sembarang kampung. Di sini, wisatawan dapat mengenal lebih dekat kebudayaan Sunda sekaligus merefleksikan pikiran di alam yang hijau dengan penuh udara segar.

Suasana yang Sunda banget, bakal menyambut kedatangan wisatawan dengan lagu-lagu Sunda dan permainan alat musik tradisional seperti angklung. Terlihat pula, rumah tradisional Sunda Bogor yang terbuat dari kayu, beserta saung yang berfungsi sebagai lumbung padi. Beberapa orang pun menari jaipong dan debus.

Namun yang pasti, wisatawan yang datang ke sana dijamin betah berlama-lama karena keramahan orang-orangnya, suasana yang alami dan suguhan makanan ala Sunda yang menggoyang lidah.

Kampung Budaya Sindangbarang terletak di Desa Pasir Eurih, Tamansari, Bogor. Secara jarak pusat kota Bogor, sekitar 5 km saja.

Patung Budha Tidur, Tak perlu jauh-jauh ke Thailand untuk melihat dan berfoto dengan patung Buddha tidur. Di Bogor juga ada, tapi sayangnya belum banyak wisatawan yang tahu. Yang satu ini menawarkan pengalaman weekend yang unik.

Patung Buddha tidur tersebut berlokasi di Kampung Jati RT 02 RW 06, Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor. Jika kamu berkendara dari Bogor ke arah Tangerang via Jl Raya Parung, pelankan kendaraan selepas perumahan Bilabong. Nanti pada pertigaan kedua, ada plang besar Insan Krida atau TPU Giri Tama. Nah di antara plang itu, ada plang kecil berwarna merah bertuliskan ‘Rupang Buddha Tidur’.

BACA JUGA : 4 Tempat Wisata di Sentul yang Harus Dikunjungi

Vihara Buddha Dharma & 8 Posat dengan gerbang yang merah dan cantik akan menyambut kedatangan kamu. Di situlah terdapat patung Buddha tidur raksasa yang sepanjang 18 meter dengan tinggi 3 meter.

Wisatawan pun bebas berfoto dengan patung Buddha tidur tersebut. Tapi ingat, jangan memunggungi Sang Buddha untuk menghormatinya. Berfotolah dengan posisi Buddha tidur berada di samping kiri atau kanan kamu. Selain itu, harap jaga kesopanan dan jangan gaduh di viharanya karena itu adalah tempat ibadah.

BACA JUGA:  Highland Park Resort Bogor

Pemandian air panas Gunung Pancar. Belum lengkap kalau jalan-jalan ke Bogor kalau belum mandi air panas. Badan dijamin langsung segar, beban pikiran hilang dan siap kembali beraktivitas. Maka datangilah, pemandian air panas Gunung Pancar.

Lokasinya berada di Jl Desa, Babakan Madang, Bogor. Celupkan badan kamu ke dalam kolam air panasnya, rasakan airnya yang hangat dan menyegarkan. Pejamkan mata, lepaskan semua beban pikiran pekerjaan. Suasana yang hijau dan udara yang segar, karena kolam pemandian air panasnya ada di area terbuka, membuat suasananya bikin betah. Pemandian air panas Gunung Pancar buka 24 jam.

Hutan Cifor, namanya pasti masih asing di telinga wisatawan. Tapi tidak di telinga para fotografer, karena inilah salah satu spot terbaik untuk berfoto-foto di Bogor. Pengalaman baru untuk akhir pekan nih.

Hutan ini sebenarnya adalah area hutan penelitian seluas kurang lebih 60 hektar milik Departemen Kehutanan. Lokasinya di kawasan Dermaga, Kabupaten Bogor, tidak jauh dari terminal Bubulak.

Asyiknya, hutan Cifor terbuka gratis untuk wisatawan dan fotografer. Tidak ada tiket masuk atau izin untuk memotret, kecuali kalau mau kemping atau shooting film baru ada izin khususnya.

Apa sih menariknya hutan Cifor? Di sinilah fotografer akan melihat ray of light, yakni cahaya matahari yang menembus celah penghalang dedaunan pohon yang lebat sehingga membentuk semacam garis cahaya.

Selain berfoto-foto, kamu juga bisa berolahraga pagi atau sekedar jalan-jalan santai untuk menghirup udara segar. Suasana yang alami dan sejuk di sana, benar-benar obat penghilang stress.

Curug Cigamea. Satu hal yang dirasa jadi kewajiban wisatawan Jakarta yang berlibur ke Wisata Bogor adalah main basah-basahan di air terjun. Salah satu tempatnya yang paling terkenal adalah Curug Cigamea.

Curug Cigamea berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor Jawa Barat. Dekat dengan Desa Cibatok dan tak jauh dari pintu masuk taman nasionalnya.

Begitu tiba di air terjunnya, pasti kamu tidak tahan untuk bermain air. Lihatlah air terjunnya yang indah dan dikelilingi panorama hijau dari pepohonan. Airnya pun segar dan bersih.

Perjalanan menuju Curug Cigamea berjarak kurang lebih 38 km dari pusat Kota Bogor. Cigamea memiliki arti gemuruh, karena debit airnya yang mengalir cukup deras.

Anda mungkin juga berminat