Wisata Kampung Urug Bogor

53

wisatabogor.id – Kecamatan Sukajaya berada di ketinggian 400 – 1.000 meter di atas permukaan laut dengan luas 12.644,32 hektar, Kecamatan Sukajaya menjadi daerah eksotis diantara pegunungan di daerah dataran tinggi. Terbagi pada sebelas desa dengan lintas batas alam pegunungan, sungai dan dataran menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung ke daerah diujung barat Kabupaten Bogor itu.

Wilayah yang berbatasan langsung dengan kecamatan Cigudeg dan Jasinga di sebelah utara, Kecamatan Nanggung dan Cigudeg di sebelah timur, berbatasan dengan Kecamatan Nanggung di sebelah selatan juga Kecamatan Lebak Gadong Kabupaten Lebak di sebelah barat. Menjadikan wilayah ini mudah dijangkau dari Jalan raya Cigudeg maupun Nanggung juga tembus menuju Sukabumi ke arah utara dan Kabupaten Lebak ke arah barat. dengan kondisi jalan yang terus berbenah baik menuju arah utara melewati Desa Harkatjaya, Kiarapandak, Urug, Cisarua sampai ke Desa Kiarasari maupun arah barat melewati Desa Sukajaya, Sipayung, Jaya Raharja, Sukamulih, Pasir madang dan Cileuksa menjadikan wilayah kecamatan sukajaya mudah dijangkau. Kondisi ini membuka berbagai peluang pengembangan perekonomian masyarakat juga sektor pariwisata yang tentu menjadikan daya tarik tersendiri karena Sukajaya berada di daerah dataran tinggi dengan curah hujan 2.650 – 3.00 mm/tahun dengan suhu sejuk rata-rata 160 – 310 C.

BACA JUGA : Singgah di Kampung Budaya Sindangbarang

Berbagai potensi pengembangan pariwisata menjadi anugerah tak terhingga bagi wilayah kecamatan Sukajaya. Hamparan sawah, deretan pegunungan dan aliran sungai cidurian, sungai ciberang, maupun sungai cibarengkok dengan keramahtamahan masyarakat pedesaan dengan suhu dan kondisi alam yang sejuk dan asri menjadi pemandangan pembuka bagi siapa saja yang berkunjung ke Kecamatan Sukajaya. Letak kantor Kecamatan Sukajaya dan Kantor Taman Nasional Gunung Halimun di gerbang wilayah Kecamatan Sukajaya memudahkan arah jejak petualang bagi pengunjung yang ingin berekreasi di daerah ujung barat Kabupaten Bogor ini.

BACA JUGA:  4 Tempat Wisata di Bogor Best Vacation

Bagi pengunjung yang memiliki hobi beradvanture menggunakan motor trail maupun mobil yang mampu bermanuver di segala medan, wilayah ini menyediakan track advanture yang tersambung mulai sekitar desa Kiarapandak, Cisarua dan Cileuksa menuju Kabupaten Lebak. Dijamin setiap pengunjung akan dimanjakan dengan alam pegunungan yang asri dan track lintas gunung yang menantang.

Pengunjung yang senang berpetualang di alam, wilayah Taman Nasional Gunung Halimun yang terhampar di desa Kiarasari dan Cisarua dapat menjadi pilihan. Wisata Kampung Urug Bogor. Di wilayah ini sudah tersedia spot-spot area petualangan alam pegunungan dengan kondisi yang masih asri dan alami. Dengan hamparan sawah di setiap perjalanan dan deretan pepohonan dan binatang endemik Taman Nasional Gunung Halimun. Layaknya daerah dataran tinggi pegunungan wilayah kecamatan Sukajaya juga lengkap dengan curug-curug yang terbentuk secara alami. Salah satunya adalah keberadaan Curug Cibeureum di Kp. Gunung Leutik Desa Kiarasari dan banyak lagi potensi alam yang masih perawan alias belum terjamah. Hal ini menambah pesona yang menggugah semangat bagi setiap pengunjung yang datang.

Masyarakat yang ramah menjadi ciri khas masyarakat pedesaan. Masyarakat Kampung Adat Urug, adalah salah satu lokasi yang sudah banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun luar negeri yang ingin menguak nilai-nilai tatanan sejarah dan masyarakat yang terjaga dalam tradisi diantara pertumbuhan masyarakat modern masa kini. Wisata Kampung Urug Bogor.
Sebagai wilayah pengembangan pariwisata, wilayah Kecamatan Sukajaya terus berbenah baik dalam pembukaan lokasi-lokasi spot area pariwisata maupun inprastruktur pendukung bagi peningkatan pelayanan pengunjung mulai jalan maupun penginapan sekitar area wisata. Kondisi alam yang berada di ujung barat jauh dari perkotaan menjadi salah satu problem yang menjadi perhatian stake holder di wilayah ini. Belum adanya angkutan umum yang terintegrasi dengan wilayah sekitar menjadi kendala para pelancong untuk sampai di lokasi tujuan wisata.

 

Anda mungkin juga berminat