Manfaat Wisata Outbound Rafting atau Arung Jeram Bagi Kesehatan

45

wisatabogor.id – Apakah anda pernah melakukan wisata outbound arung jeram atau biasa disebut dengan rafting? Arung jeram atau rafting sendiri adalah salah satu olahraga air yang bisa dikatakan ekstrem. Sekalipun arung jeram masuk dalam kategori olahraga yang ekstrim namun olahraga ini bisa dilakukan oleh semua orang baik orang tersebut sudah pernah ataupun belum pernah sama sekali.

Olahraga ini biasanya banyak dilakukan di sungai yang memiliki debit arus air yang khusus dengan gelombang dan halangan lain seperti tebing ataupun batu-batu. Di musim liburan biasanya tempat wisata outbound yang menyajikan olahraga arung jeram ini akan sangat ramai dikunjungi oleh banyak tamu yang tidak hanya tinggal di sekitar kota lokasi tetapi juga dikunjungi oleh tamu-tamu dari daerah lain. Mungkin bagi beberapa orang ada yang berpikiran apakah olahraga arung jeram ini memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Justru olahraga ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh kita diantaranya :

  1. Olahraga ini melatih kekuatan otot kita

Disaat kita sedang melakukan olahraga arung jeram atau rafting ini kelihatannya kita hanya duduk-duduk saja didalam perahu sambil kita menikmati kemana arus sungai membawa perahu kita. Namun kenyataannya justru olahraga ini membuat tubuh kita menjadi terlatih. Tubuh kita terlatih untuk bergerak agar keseimbangan perahu tetap terjaga. Karena apabila keseimbangan tidak bisa terjaga yang terjadi perahu akan jatuh terbalik dan penumpang pun akan terjun berenang disungai. Belum lagi jika arus sungai tidak baik sehingga menyebabkan perahu tidak berjalan, maka yang dilakukan penumpangnya adalah harus mendayung perahu agar tetap bergerak menuju ketempat dimana perahu berakhir.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Tempat untuk Outbound Perusahaan di Bogor
  1. Membantu pembakaran kalori

Wisata outbound arung jeram ini sangat baik bagi anda yang sedang melakukan diet. Saat melakukan diet tidak ada salahnya jika anda mencoba melakukan olahraga ini karena ketika anda sedang melakukan arung jeram otot-otot anda akan bergerak sehingga tanpa disadari metabolisme tubuh untuk pembakaran kalori akan lebih cepat.

  1. Memperkuat otot jantung

Ketika anda sedang melakukan arung jeram maka anda akan membutuhkan tenaga yang banyak untuk melakukan gerakan dalam mendayung perahu agar berjalan sampai ke tujuan akhir. Gerakan mendayung sendiri akan memperkuat otot dada dan lengan. Namun ketika anda baru pertama kali melakukan olahraga arung jeram biasanya akan timbul perasaan khawatir dan ketakutan. Saat muncul perasaan ini akan membuat otot jantung bekerja lebih cepat dalam memompa.

  1. Merelaksasikan pikiran dan menghilangkan stres

Arung jeram bisa merelaksasikan pikiran anda sehingga tidak stres karena pikiran-pikiran mengenai pekerjaan ataupun yang lainnya. Olahraga arung jeram menyajikan pemandangan alam yang sungguh luar biasa dan sangat menarik untuk disaksikan. Wisata outbound bisamemberikan suasana baru, menghilangkan stress dan memunculkan semangat baru setelahnya.

  1. Melawan rasa takut

Beberapa dari antara kita pastinya memiliki rasa takut yang berlebihan atau biasa disebut dengan phobia. Kadang ada yang memiliki phobia ketinggian, phobia terhadap binatang tertentu bahkan juga phobia terhadap air. Apabila anda memiliki phobia terhadap air tidak ada salahnya jika anda mencoba olahraga arung jeram. Dengan mencoba wisata outbound arung jeram setidaknya akan membantu mengurangi phobia tersebut.

Anda mungkin juga berminat