Kuntum Farmfield Bogor

wisatabogor.idKuntum Farmfield Bogor atau lebih dikenal dengan kuntum nurseries adalah agro wisata yang edukatif.  Taman wisata yang positif, indoor dan out door, memperkenalkan secara langsung kepada buah hati tentang berbagai jenis tanaman dan hewan-hewan ternak.  Bersentuhan langsung dengan hewan, mengelus, memberi susu dan makan menumbuhkan kepedulian dan kasih sayang dalam suasana yang menyenangkan.  Atau mengenali jenis-jenis tanaman hias, tanaman obat,  tanaman kebun, tanaman hutan, bahkan memetik buah dan sayur adalah aktivitas rekreasi yang menambah pengetahuan.

Bagi anak-anak yang tinggal dan dibesarkan di pedesaan, memberi makan hewan ternak dan bermain di sungai, sawah, atau kebun adalah rutinitas sehari-hari. Sayangnya, kondisi yang sama tidak dialami oleh anak-anak yang tinggal di perkotaan. Jangankan bermain di sungai, sawah, atau kebun, mencari area terbuka untuk bermain saja sulit. Memang di perkotaan seperti Jakarta juga ada sungai, tapi kondisinya sudah sangat tercemar, keruh dan bau, sehingga tidak bisa dikatakan layak, apalagi untuk bermain.

Untungnya, ada agrowisata, jadi anak-anak kota bisa mencicipi pengalaman sebagai anak desa. Sebagai generasi yang dibesarkan di pedesaan, tidak sedikit pun terbersit di benak saya untuk mengunjungi objek agrowisata, sampai kemarin kami mengajak Dimdim ke Kuntum Farmfield Bogor. Kuntum Farmfield Bogor atau Kuntum Nurseries adalah sebuah objek agrowisata di Kota Bogor, tepatnya di Jalan Raya Tajur Nomor 291. Tidak perlu bingung memilih hari untuk berkunjung, karena Kuntum Farm Field buka setiap hari dari jam delapan pagi sampai jam enam sore.

BACA JUGA:  4 Tempat Wisata di Sentul yang Harus Dikunjungi

Sebelum bermain di alam bebas, kita dipersilakan untuk memakai caping. Selain sebagai pelindung dari terik panas matahari, caping ini juga ikut memberikan suasana khas pedesaan. Di Kuntum Farm Field, kita bisa memberi makan dan memberi minum susu hewan-hewan ternak seperti kambing, sapi, bebek, ayam, burung, kelinci, marmut, kura-kura, dan masih banyak lagi.

Di Kuntum Farmfield Bogor juga ada kolam khusus untuk menangkap ikan. Jika ingin bermain di situ kita harus membeli ikan mas terlebih dulu. Ikan-ikan itu lalu dilepas di kolam untuk ditangkap sebelum dibawa pulang. Karena mainnya basah-basahan, saya sarankan untuk membawa baju ganti. Selain kolam untuk menangkap ikan, di sana juga ada pemancingan ikan, feeding fish area, toko ikan hias, dan fish spa untuk berelaksasi sejenak dengan ikan garra rufa.

Lepas dari area perternakan, kami memasuki area pertanian. Di arena pertanian kita bisa memanen sayuran. Cuci, timbang, dan bayar lalu kita bisa membawanya pulang. Sayang, waktu kemarin kami ke sana sayurannya belum siap panen.

Anda mungkin juga berminat