14 Taman di Bogor Yang Menarik Untuk di Kunjungi

wisatabogor.id – 14 Taman di Bogor yang menarik untuk di kunjungi di sela-sela kesibukan rutinitas anda, menjadi alternatif wisata bogor yang murah meriah. Kesempatan kali ini Wisata Bogor akan berbagi rekomendasi informasi taman-taman di Bogor yang dapat Anda kunjungi.

14 Taman di Bogor yang menarik untuk di kunjungi : 

1. TAMAN KENCANA

Taman kencana | Taman di bogor
Taman Kencana (Foto : @martina_ramadhan)

Taman Kencana merupakan taman kecil di antara area hijau di Kota Bogor  yang semakin lama semakin menghilang seiring dengan kemajuan pembangunan kota.

Taman ini merupakan salah satu peninggalan zaman Belanda. Didukung dengan suasana di sekitarnya yang masih rindang dengan pepohonan, taman ini sekaligus menjadi tempat rekreasi dan semacam titik pertemuan bagi sebagian masyarakat Kota Bogor, apalagi dengan kemunculan penjual-penjual makanan pinggiran jalan maupun outlet-outlet makanan di rumah-rumah di sekitarnya.

Taman Kencana akan menjadi sangat ramai pada hari Minggu,tempat ini menjadi salah satu tujuan akhir para pelari pagi warga Bogor setelah lelah berolahraga mengelilingi Kebun Raya Bogor ataupun Lapangan Sempur.

Fasilitas yang ada di Taman Kencana adalah air mancur, bangku kelompok, bangku single, lampu penerangan, dan tempat sampah. Sayangnya untuk saat ini Taman Kencana belum dilengkapi dengan fasilitas toilet umum. Taman Kencana juga dilengkapi dengan spot untuk berfoto sehingga pengunjung yang ingin melakukan selfie dengan latar belakang signame Taman Kencana dapat melakukannya di titik tersebut dan mendapatkan sudut pandang paling cantik.

Taman Kencana, Taman di Bogor hanya diperuntukkan untuk aktivitas terbatas. Pengunjung hanya dapat melakukan aktifitas duduk-duduk atau mengobrol di dalam taman karena tamannya yang cukup teduh sangat ideal untuk dijadikan tempat duduk-duduk dan mengobrol. Namun demikian untuk anak-anak, Taman Kencana dapat dijadikan sarana petualangan karena ada jalur melingkar pada taman yang dapat ditelusuri oleh anak-anak sambil berlari-lari.

Alamat : Jl.Cermai & Jl.salak

 

2. TAMAN PERANGINAN

taman peranginan | taman di bogor
Taman Peranginan (Foto : @raflyoxa)

Taman ini adalah sebuah tempat singgah. Sebuah kebun dan taman untuk transit bagi yang memerlukan. Luasnyapun tidak lebih dari 2500 m2.

Salah satu kelebihan Taman Peranginan ini adalah tersedianya tempat sampah hampir di semua sudutnya, keberadaan jalan paving dan beberapa lokasi tempat duduk untuk bersantai. Keberadaan pohon-pohon tua bersejarah yang berdiameter lebih dari 1 meter adalah sajian utama yang menyumbang kenyamanan di Taman ini.

Bentuk Taman Peranginan memanjang searah jalan. Jika sisi yang satu berdampingan dengan trotoar dan jalan, maka sisi sebaliknya tepat menyajikan pemandangan  lembah sungai Ciliwung yang luapan airnya selalu menghantui warga Jakarta.

Taman Peranginan merupakan salah satu taman yang ada di Kota Bogor yang cukup terkenal seperti Taman Kencana dan taman lainnya. Taman Peranginan memiliki luas area sebesar 1.699,44 m². Lokasi taman berada di Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah. Taman Peranginan merupakan taman kota yang bersifat aktif sehingga tedapat banyak aktifitas yang dapat dilakukan didalamnya. Taman Peranginan merupakan satu-satunya taman di Kota Bogor yang berbatasan langsung dengan tebing, sehingga memiliki pemandangan yang cukup bagus dengan view perumahan dan Sungai Ciliwung. Dengan desain yang telah disesuaikan membuat taman ini cukup aman untuk dikunjungi.

Taman peranginan merupakan taman yang dikelilingi oleh kawasan jasa, sehingga kawasan ini merupakan kawasan yang cukup ramai. Selain kawasan jasa taman ini juga terdapat banyak tempat kuliner khas bogor yang cukup terkenal.Taman Peranginan merupakan taman yang teduh karena pohon yang ada ditaman tersebut adalah pohon-pohon besar dengan tajuk yang lebar dan telah berusia puluhan tahun. Namun dengan adanya pohon-pohon tersebut pengunjung tidak perlu khawatir karena pohon selalu dicek dan dipangkas apabila terdapat dahan pohon yang rawan patah.

Fasilitas yang ada di Taman Peranginan adalah bangku taman, tempat sampah, patung kijang sabagai ornamen dari taman dan lampu taman yang menerangi taman. Kemudian terdapat jalur sirkulasi berupa paving block sehingga memudahkan para pengunjung untuk menelusuri taman. Selain itu terdapat beberapa alat bermain anak seperti ayunan dan perosotan sehingga fasilitas taman menjadi lebih lengkap, dan menambah aktifitas yang dapat dilakukan didalamnya.

Cukup mudah untuk menemukan lokasi taman ini dengan menelusuri Jalan Jenderal Sudirman Kota Bogor. Lokasi taman tidak jauh dari pintu utama Istana Bogor dan berada dekat dengan Markas Kodim 0606 Kota Bogor. Apabila pengunjung yang ingin menggunakan angkutan umum (angkot) bisa dengan menaiki angkot nomor 08, 07, dan 12.

Aktifitas yang dilakukan oleh para pengunjung adalah bersosialisasi, duduk untuk menikmati pemandangan, bermain dengan menggunakan fasilitas yang ada pada taman tersebut.

Alamat : Jl.Jenderal Sudirman.Sempur Bogor.Jawa Barat,Indonesia

 

3. TAMAN MALABAR

taman malabar | taman di bogor
Taman Kencana (Foto : @octavidyarachma)

Daya tarik Kota Bogor tidak lepas dari keindahan pemandangan yang terkenal dengan alam pegunungannya.Sebagai kawasan alam yang masih asri yang berda ditengah-tengah kota,Pemandangan yang indah serta suasana yang nyaman akan membangkitkan suasana kenyamanan hati bagi mereka yang merasakan alam yang asri seperti taman malabar ini.

Walaupun taman malabar tak seluas kebun raya bogor, namun taman malabar ini tak kalah indahnya dengan kebun raya bogor. disini anda disuguhkan dengan keasrian alam bogor dengan macam-macam tumbuhan,kebun teh,pemandangan gunung yang indah serta wisata kuliner yang menggugah selera.

Taman Malabar adalah taman di bogor yang berada ditengah-tengah perumahan warga, yang tergolong kedalam taman kota dengan luas taman ±5.517,85 m². Dengan lokasi administratif terletak pada Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah. Taman ini merupakan taman aktif dimana taman ini dapat dimasuki oleh pengguna dan pengguna dapat melakukan aktifitas didalamnya. Lokasi strategis ditengah kota menjadikan taman ini taman yang cukup terkenal bagi warga lokal di Kota Bogor.

Taman ini dikelilingi oleh rumah dan area bisnis menjadikan taman ini merupakan area berkumpul bagi para warga yang ingin melepas penat dan membutuhkan area dengan lokasi terbuka dan banyak pepohonan yang dapat menyediakan udara segar. Taman Malabar merupakan salah satu taman yang dapat memberikan fasilitas tersebu. Pohon pelindung yang hampir mengelilingi taman sehingga dibagian pinggirnya tergolong teduh. Sayangnya taman ini hanya terlihat apabila pengunjung melewati Jalan Malabar atau memiliki kepentingan ke Rs. PMI karena taman ini tidak terlihat dari Jalan Raya Pajajaran.

Setiap taman pasti dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang taman tersebut, seperti halnya di Taman Malabar ini, terdapat jogging track, jalur refleksi, lampu taman, bangku taman, signage taman dan terdapat lapangan rumput yang mendominasi Taman Malabar ini.

Taman Malabar terletak persis dibelakang Hotel Amaris dan Pangrango Plaza sehingga sangat memudahkan bagi pengguna untuk menuju ke taman tersebut dengan berpatokan pada kedua tempat tersebut. Apabila menggunakan kendaraan umum pengguna dapat menaiki angkot 03 dari terminal baranangsiang atau menggunakan angkot 06  melewati Jalan Raya Pajajaran dan turun didepan Pangrango Plaza ataupun pintu III Kebun Raya Bogor dan menyebrang kearah Pangrango Plaza dan memasuki Jalan Malabar.

Aktifitas yang dapat dilakukan ditaman ini cukup banyak, seperti berolahraga dan bersantai. Adapun pengunjung yang datang adalah masyarakat umum baik yang tinggal dekat dengan lokasi taman maupun yang jauh yang memang sengaja datang ke taman ini. Terdapat sekolahan yang memang sengaja melakukan pelajaran olahraga pada taman.

Alamat : Jl. Taman Malabar No.4, Bogor Tengah, Bogor, Jawa Barat 16129, Indonesia Peta

 

4. TAMAN SRINGANIS

taman sringanis | taman di bogor
Taman Sringanis (Foto : @yusnaeni)

Taman Sringanis dengan luas tanahnya 1000 m2 yang berlokasi di Cipaku Bogor Selatan, menghadap Gunung Salak melestarikan berbagai tanaman berkhasiat obat berasal dari berbagai pelosok Nusantara.Tanaman ditata untuk kelestarian lingkungan yang sedap dipandang mata berpadu dengan bangunan mungil yang dapat digunakan untuk berdiskusi, pelatihan , penginapan dan pelayanan kesehatan.

Percontohan Tanaman Obat  ( Model Garden For Medicinal Plants )
Taman Sringanis memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengenal sosok dan mengetahui manfaat tanaman obat yang merupakan warisan budaya bangsa yang hampir punah.Taman Sringganis berharap masyarakat dapat tergugah untuk mengupayakan peningkatan kesehatannya secara alami dan mandiri, sehingga berdampak pula kepada kesehatan lingkungan dan pelestarian.

Budidaya Tanaman Obat ( Conversation Of Medicinal Plants )
Taman Sringanis menyediakan bibit tanaman untuk dibeli dengan harapan masyarakat dapat menanam di lingkungannya untuk berbagai tujuan dan berdampak pada pelestarian tanaman berkhasiat obat.

Supplier Of Herbal Ingredients
Taman Sringanis menyediakan ramuan jamu yang informatif, agar masyarakat dapat mengaktualisasikan potensi diri dan menyebarluaskan kembali kepada lingkungannya.

Penerbitan Media Informasi ( Information Media Publication )
Dalam usaha mengoptimalkan program,dengan tujuan membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang mudah dan benar, Taman Sringganis menerbitkan media informasi baik berupa media cetak maupun media elektronik.

Pelatihan Pengobatan Alami ( Training Natural Healing )
Taman Sringganis menyelenggarakan pelatihan-pelatihan:
1. Pelatihan Pijat Akupuntur. (Akupresure).
Pijat akupuntur (akupresur), sebuah cara pengobatan dengan memberikan rangsangan titik tertentu di tubuh, untuk melancarkan peredaran energy kehidupan (qi). Materi akupresur selain berupa tindakan praktis untuk mengatasi beberapa keluhan, juga diberikan pemahaman dasar keilmuannya, sehingga setiap tindakan akupresur dapat dimengerti alasannya. Demikian juga dalam penyajian materi Oleh Nafas dan Meditasi Prana.
2. Pelatihan Pemanfaatan tanaman Berkhasiat Obat.
Pemanfaatan tanaman berkhasiat obat agar masyarakat mampu mengatasi problem kesehatannya dengan bahan alami yang dapat diupayakan sendiri, dengan konsep makanan dan minuman. Penyajian materi menu sehat diberikan dalam berbagai bentuk seperti minuman,kue-kue,sop,pudding dan rebusan ramuan yag dilandasi oleh pemahaman bahwa orang terinveksi HIV perlu mengkonsumsi makanan lunak, bentuk cairan dan sedikit sedikit karena system dan organ pencernaannya sudah mulai terganggu. Konsep keseimbangan menjadi tuntunan pokok di dalam menggunakan tanaman obat, buah, sayuran, yang di ubah menjadi jus, sop, pudding dan jamu.
3. Pelatihan Olah Nafas & Meditasi Prana.
Olah nafas dan meditasi prana yang bertujuan memanfaatkan bio energy alam (aura) ssemaksimal mungkin untuk kesehatan phisik, mental dan spiritual agar tubuh berada dalam tatanan alami.
Cara-cara tersebut dapat di gunakan untuk tindakan pencegahan, pengobatan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi kesehatan secara swadaya.

Program Perawatan, Dukungan Dan Pengobatan Komprehensif Untuk Hiv/aids. ( Care, Support, And Treatment Comprehensive Program, For Hiv/aids )
Pengembangan program perawatan, dukungan, pengobatan makin dirasakan sebagai kebutuhan diindonesia. Program dukungan untuk orang terinfeksi HIV bukan hanya sekedar pengadaan obat dan system perawatan dirumah sakit saja, tetapi juga menyangkut pengembangan Pola Hidup Sehat, dukungan keluarga dan lingkungannya untuk menjaga agar tetap sehat dan produktif. Oleh karena itu semakin dirasa perlu adanya program perawatan, dukungan dan pengobatan yang komprehensif diindonesia.

Pengobatan Komplementer ( Complementary Treatment )
Pengobatan tradisional atau alternative atau non konvensional di fungsikan sebagai pengobatan komplementer dalam kasus HIV/AIDS. Sehingga pengobatan ini harus dapat dikerjasamakan dengan pengobatan konvensional. Dokter dan praktisi pengobatan tradisional seyogianya dapat saling memahami fungsi, dan manfaat kedua pengobatan tersebut, demi keamanan dan kesehatan Orang Terinfeksi HIV/AIDS.
Pengobatan tradisional yang berfungsi komplementer bertujuan tidak untuk membunuh virus pada kasus HIV.AIDS, tetapi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mengatasi keluhan-keluhan yang muncul.

Pelayanan Kesehatan  Health Services )
Taman Sringanis menyediakan konsultasi pendekatan holistic terhadap manusia dan kesehatannya termasuk kasus HIV/AIDS serta pelayanan pengobatan akupuntur,akupresur, herbal dan prana.

Kp. Cimanengah No 29 Kel.. Cipaku – Bogor Selatan
Telp. (021) 4891938, Fax : (021) 47860766
Email : mail@tamansringanis.com
Website : www.tamansirnganis.com

5. TAMAN PEMBIBITAN DKP

taman pembibitan DKP
Taman Pembibitan DKP (Foto Via : direktori.kotabogor.go.id)

Taman ini adalah saran umum masyarakat,Taman sempur ini di kelola oleh badan pembibitan kota bogor. Taman sempur ini di gunakan masyarakat setempat untuk tempat bermain anak-anak,karena taman ini memiliki pasilitas wahana permainan anak-anak. Selain untuk wahana bermain anak-anak,karen taman bersempur ini memiliki suasana yang yang hijau,dan udara yang cukup segar banyak di gunakan masyarakat untuk bersantai-santai.

Alamat : Jl. Ceremai Ujung

 

6. TAMAN KOLEKSI

taman koleksi | taman di bogor
Taman Koleksi (Foto : @kasmito)

Taman Koleksi IPB adalah satu dari sedikit taman publik yang bisa dimanfaatkan secara gratis di Bogor. Meskipun kurang terawat dan ada sampah di sana-sini, rupanya tidak menyurutkan minat beberapa orang untuk sejenak hinggap menghindari panasnya Bogor di kala siang. Mulai dari mahasiswa yang numpang belajar sampai orang pacaran bisa ditemui pada bangku-bangku taman yang ada di taman ini.

Ternyata potensi ini tidak luput dari mata petinggi-petinggi IPB. Status baru IPB sebagai Badan Hukum Pendidikan agaknya membuat IPB harus lebih serius memutar otak bisnisnya untuk mendapatkan penghasilan secara mandiri. Maka dari itu, mengingat letaknya yang strategis di pusat kota dan berada tepat di sebelah Mall terbesar di Bogor, akhirnya sejak beberapa bulan yang lalu, berdirilah Resto Taman Koleksi dengan pilihan menu dan suasana yang unik.

Alamat : Kampus IPB, Jl. Raya Pajajaran No. 1, Barangsiang, Jawa Barat

 

7. TAMAN CORAT-CORET

taman corat-coret |taman di bogor
Taman Corat-coret (Foto : @nuryadinirfan)

Taman Coret coret terletak di simpang jalan KH. Ahmad Sobana dan KH. Adnawijaya. Taman coret coret dibangun di atas lahan Prasarana dan Sarana Utilitas dari perumahan Indra Prasta Taman tersebut dibangun untuk mengakomodir minat dan aspirasi pemuda dalam berkarya seni utamanya dalam seni graffity dan seni lukis mural. Taman tersebut dibangun untuk tempat pemuda berkumpul dan menyalurkan bakat seni mereka sekaligus sebagai ajang berkumpul. Para pemuda di Kota Bogor dipersilahkan untuk menuangkan kreatifitas mereka di permukaan dinding-dinding media yang disediakan kapan saja dan dengan tema yang bebas kecuali pada event-event tertentu baru ditetapkan adanya tema gambar. Pengaturan penggantian dinding mural dibantu oleh Komunitas Pecinta Graffity yang ada di Kota Bogor.

Taman Coret-coret dilengkapi dengan dinding mural sebanyak 20 buah, terbagi menjadi 14 buah dinding di sisi belakang taman berukuran 400 m x 400 m dan 6 buah dinding berukuran 300 m x 400 m yang dipasang secara diagonal di sisi depan taman. Pada Taman Corat coret juga ada dinding melengkung yang menggambarkan diorama perjalanan hidup manusia. Ilustrasi pada dinding menggambarkan perjalanan hidup manusia dari mulai dilahirkan sampai menua.

Fasilitas lain yang disediakan di Taman Corat Coret adalah tempat sampah, box tanaman yang didesain multifungsi sebagai bangku melingkar, dan fasilitas sumber air dan sumber listrik. Selain bangku melingkar juga disediakan bangku panjang sebagai tempat untuk melepas lelah.

Akses menuju Taman Corat Coret cukup mudah. Pengunjung dapat menuju taman tersebut melalui akses Jl. Pajajaran berbelok ke Jl. KH. Ahmad Sobana atau melalui Jl. KH. Adnawijaya. Akses lain masuk dan keluar taman juga dapat melalui Jl. Raden Kanaan. Kendaraan umum yang melalui taman adalah angkutan kota nomor trayek 17.

Aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung pada Taman Corat Coret terbagi menjadi aktivitas pasif dan aktif. Untuk aktivitas pasif, pengunjung dapat duduk-duduk di bangku-bangku yang tersedia di taman baik di sisi dalam atau di sisi luar taman. Pengunjung juga dapat melakukan swafoto (selfie) dengan latar belakang lukisan-lukisan mural yang ada di dinding taman. Selain menikmati hasil lukisan yang sudah ada, pengunjung juga dapat aktif menggambar di atas dinding yang tersedia atau lebih dikenal dengan istilah menimpa gambar. Namun demikian, yang berminat untuk menggambar tidak bisa langsung menimpa gambar yang ada namun harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan komunitas grafity di situ yang diberi mandat untuk mengatur dan mengelola mekanisme penggambaran dan display mural di taman.

Alamat : Jl. Ahmad Adnawijaya Kelurahan Tegalgundil Kecamatan Bogor Utara,Kota Bogor, Jawa Barat

BACA JUGA:  Destinasi Wisata Bogor Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

 

8. TAMAN HEULANG

taman heulang | taman di bogor
Taman Heulang (Foto : @sholihahgholib)

Taman Heulang terletak di lahan seluas ± 28.000 m². Taman Heulang terletak di kawasan yang cukup kompleks karena dibatasi oleh empat RW berbeda dan empat ruas jalan yang juga berbeda. Sisi Utara taman dibatasi oleh Jalan Heulang yang terletak di RW…., sisi Timur oleh Jalan Kasintu di RW….. sisi Selatan dibatasi oleh Jalan Beo, RW… dan terakhir sisi Barat dibatasi oleh Jalan Bincarung RW…. Taman Heulang terletak di lokasi yang sangat strategis karena letaknya berdekatan dengan beberapa sekolah antara lain SMK Negeri 1, SMAN 6, SD Julang, SMPN 12, dan SMPN 5.

Taman Heulang semula berupa lapangan terbuka dengan beberapa pohon pelindung di sekeliling taman. Kontur Taman Heulang sedikit berundak dengan sisi paling tinggi terletak di Jalan Heulang dan sisi paling rendah terletak di JalanBeo.

Taman Heulang merupakan taman keempat yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH). Seperti standar pembangunan taman dalam program P2KH, Taman Heulang juga memuat 8 atribut hijau dalam perencanaannya. Taman Heulang diharapkan dapat mengedukasi pengunjung taman tentang atribut hijau melalui fasilitas-fasilitas yang ada di dalamnya khususnya program green transportation melalui jalur lintasan sepedanya dan green waste melalui sistem pengolahan sampah terpadunya.

Fasilitas utama di Taman Heulang adalah adanya jaringan WIFI dan kamera pengintai CCTV untuk memantau aktivitas yang ada di dalam area taman. Fasilitas tambahan Taman Heulang adalah jalur setapak dan jalur sepeda. Selain itu juga Taman Heulang dilengkapi dengan air mancur di daerah welcome areanya. Selain jalur sepeda dan jalan setapak, Taman Heulang juga dilengkapi dengan bangku single, bangku grup, dan bangku besar. Selain bangku, Taman Heulang juga dilengkapi dengan gazebo-gazebo dan beberapa shelter tempat pengunjung sekedar melepas lelah. Bangunan pelengkap di Taman Heulang adalah rumah jaga, toilet, dan ruang serba guna yang dapat digunakan sebagai tempat berdiskusi.

Taman Heulang dapat diakses melalui Jl. A. Yani langsung berbelok ke arah Jl. Heulang. Apabila pengunjung ingin menggunakan kendaraan umum, maka Taman Heulang dapat dikunjungi dengan menggunakan angkutan kota nomor trayek 16 (Psr. Anyar – Salabenda)

Alamat: Jl. Heulang, Tanahsareal,  Kota Bogor, Jawa Barat

 

9. TAMAN CIPAKU

taman cipaku | taman di bogor
Taman Cipaku (Foto : @ncim)

Taman Cipaku merupakan taman di bogor kedua yang dibangun melalui program Pengembangan Kota Hijau dari Kementerian Pekerjaan Umum. Taman yang berukuran luas ± 5.300 m2 ini terletak di komplek perumahan Perumda Cipaku, kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan. Taman dikelilingi oleh pemukiman penduduk, komplek pemakaman umum, dan fasilitas pendidikan, mulai dari pendidian usia dini, sekolah dasar, sampai dengan sekolah menengah.

Fasilitas yang disediakan di Taman Cipaku adalah lapangan futsal, parkir sepeda, toilet, bangku-bangku taman baik grup maupun bangku single, pergola, dan gazebo. Selain lapangan futsal, disediakan juga ring basket di lapangan sebagai tambahan fasilitas. Taman cipaku juga dilengkapi dengan fasilitas lampu bertenaga surya. Fasilitas tambahan di taman adalah adanya fasilitas bermain anak mulai dari serodotan, jungkat jungkit, sampai dengan ayunan anak. Taman Cipaku juga difasilitasi dengan outdoor gymnastic untuk keperluan berolah raga.

Pengunjung yang ingin mengunjungi Taman cipaku dapat mencapai taman melalui Jalan Batu Tulis kemudian berbelok ke Jalan Raya Cipaku kemudian setelah melewati rel kereta api maka akan menemui jalan menanjak dan menemui pertigaan, apabila mengarah ke kanan maka pengunjung  akan mengarah ke Jalan Arjuna, taman cipaku berada di Jalan Komplek Perumda, maka pengunjung berbelok kekiri setelah pertigaan tersebut. Akses menuju taman cipaku memang tergolong cukup sulit bagi pengunjung yang baru pertama kali menuju taman tersebut, karena lokasi taman tidak berada dipusat kota dan bukan jalur utama kota, namun dengan mengikuti arah dan jalan yang telah dijelaskan maka akan dengan mudah menemui taman tersebut.

Taman Cipaku dapat dimanfaatkan untuk aktifitas fisik aktif maupun pasif. Pengunjung dapat melakukan olah raga futsal atau permainan basket di lapangan atau berkendara sepeda mengelilingi taman, atau dapat hanya duduk-duduk saja di taman. Pengunjung anak-anak dapat memanfaatkan fasilitas bermain anak dan outdoor gymnastic yang disediakan di taman.

Alamat : Jl. Komp Perumda

 

10. TAMAN PALUPUH

taman palupuh | taman di bogor
Taman Palupuh (Foto Via : ayoketaman.com)

Taman Palupuh adalah taman ketiga yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) setelah Taman Situ Anggalena dan Taman Cipaku. Taman yang berukuran ± 10.000 m² ini dibangun di atas tanah milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Salah satu daya tarik Taman Palupuh adalah adanya Makam Keramat Ciung Wanara sehingga banyak yang berkunjung ke sana untuk keperluan tertentu.

Secara lokasi, Taman Palupuh kurang strategis karena terletak di belakang SMAN 7 Kota Bogor. Akses menuju taman tidak ada yang bisa dilalui oleh kendaran roda empat. Namun demikian Taman Palupuh tetap ramai untuk dikunjungi baik oleh pelajar di sekitar taman maupun dari luar sekitaran taman. Taman Palupuh rutin digunakan untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka.

Taman Palupuh terbagi menjadi beberapa zona. Zona pertama adalah zona olah raga, zona kedua adalah zona relaksasi dan edukasi. Zona terakhir adalah zona konservasi dimana zona tersebut diisi dengan tanaman endemik langka. Zona terakhir diperuntukkan sebagai arboretum tanaman koleksi. Tujuannya selain itu mengkonservasi tanaman langka juga untuk melindungi area karena terletak di area tebingan dengan tingkat kecuraman yang tinggi.

Fasilitas utama di Taman palupuh adalah Lapangan Bola dan Lapangan Basket. Selain itu juga tersedia tempat parkir sepeda, jalur sepeda, jalur setapak, gazebo, dan shelter pergola. Fasilitas tambahan lainnya adalah toilet dan lampu penerangan taman.

Alamat : Jl.Pamikul Raya

 

11. TAMAN SKATEBOARD

taman skateboard | taman di bogor
Taman Skateboard (Foto Via : lovelybogor.com)

Taman Skateboard merupakan taman hasil kerjasama Dinas Kebersihan dan Pertamanan Bidang Pertamanan dengan pihak Telkomsel. Kerjasama dikenal dengan sebutan CSR (Coorporate Social Responsibility) dimana pihak tersebut membangun taman berdasarkan anggaran yang telah mereka tetapkan. Pada taman yang telah dibangun akan diberi simbol bahwa taman tersebut hasil kerjasama, seperti adanya lambang-lambang dari perusahaan yang mencirikannya. Taman yang telah dibangun tidak hanya dibiarkan begitu saja, melainkan terlibat masa pemeliharaan dengan jangka waktu tertentu, dan setelahnya akan diserahterimakan sepenehunya kepada pihak dinas.

Taman Skateboardmemliki luas ±1.307 m² dan berlokasi di Kelurahan Sempur Kecamatan Bogor Tengah. Taman ini bersebelahan langsung dengan Lapangan Sempur, pada sisi bagian barat berbatasan langsung dengan Sungai Ciliwung.

Fasilitas yang ada pada taman ini sudah pasti arena bermain Skateboardyang didominasi dengan beton sehingga memudahkan papan seluncur (Skateboard) meluncur dan dilengkapi dengan ralling. Kemudian bangku taman yang terbuat dari lengkukan-lengkukan besi, tedapat lampu taman yang menyorot langsung ke arena bermain sehingga membuat suasana terfokus pada lapangan.

Taman Skateboarddapat diakses dengan mudah, apabila pengunjung telah sampai ke Lapangan Sempur, dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan pribadi kebagian barat Lapangan Sempur maka akan menekukan Taman Skateboardini. Apabila menaiki kendaraan umum dari stasiun melewati Jalan Jalak Harupat pengunjung dapat langsung berhenti dan turun melewati tangga yang langsung menuju taman. Tangga tersebut berada dibagian selatan dari taman. Angkutan umum yang dapat digunakan adalah angkutan nomor 03 dan 08 yang melewati Jalan Jalak Harupat dan Jalan Sempur.

Taman ini merupakan taman yang cukup ramai, mayoritas pengunjung taman ini adalah para komunitas Skateboardyang memang menggeluti olahraga ini. Tidak hanya komunitas tersebut, masyarakat lainnya yang hanya sekedar melihat dan menonton turut meramaikan taman ini.

Alamat : Jl. Sempur

 

12. TAMAN BOGOR

taman bogor | taman di bogor
Taman Bogor (Foto Via : enterbogor.blogspot.com)

Taman di Bogor yang dikenal dengan sebutan Taman Bogor ini merupakan taman yang berada di  tengah persimpangan antara Jalan Raya Pajajaran dengan Jalan Pangarango dengan luas area ± 865,69 m². Berada persis di depan Pangrango Plaza yang saat ini beralih fungsi, dan dalam proses perbaikan dan berada persis disamping rumah dinas Walikota Bogor. Letak administratif di Kelurahan Babakan Kecamatan Bogor Tengah. Taman ini merupakan taman perlintasan dan biasa digunakan sebagai taman untuk bertukar angkutan umum oleh para pengguna angkutan umum Kota Bogor. Taman Bogor saat ini tidak digunakan sebagai taman display dan taman perlintasan.

Fasilitas yang dimiliki pada taman ini adalah fasilitas-fasilitas yang dapat menunjang taman tersebut sebagaimana fungsinya seperti adanya penerangan dengan lampu-lampu taman, bangku taman dan tempat sampah. Taman Bogor merupakan taman pulau yang pada umumnya hanya digunakan sebagai perlintasan maka dari pada itu fasilitas dari taman disesuaikan.  Terdapat perkerasan dengan menggunakan paving block. Selain fasilitas yang telah disebutkan, terdapat fasilitas penunjang lainnya yaitu adanya “Signage” taman dengan tulisan “ B O G O R “ sebagai point of interest dari taman dan merupakan salah satu taman yang dapat menggambarkan Icon Kota.

Taman Bogor berada dipusat kota sehingga sangat memudahkan untuk aksesibilitas ke taman. Taman Bogor berada tidak jauh dari Mall Botani Square sehingga pengunjung yang ingin berkunjung ke taman dapat menggunakan banyak angkutan umum yang melewati taman antara lain angkutan umum nomor 03, 06, 08, 09. Taman inipun berdekatan dengan Taman Malabar, sehingga pengunjung dapat berjalan kaki dari Taman Malabar ke Taman Bogor.

Aktifitas yang dapat dilakukan sebagaimana telah dijabarkan di atas bahwa taman ini merupakan taman perlintasan, sehingga aktifitas yang dapat dilakukan terbatas.  Aktifitas yang dilakukan seperti duduk, melintas dan melakukan foto-foto.

Alamat : JL. Raya Padjajaran

 

13. TAMAN AIR MANCUR

taman air mancur | taman di bogor
Taman Air Mancur (Foto Via : hellobogor.com)

Taman air mancur merupakan taman pulau yang berada di Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal. Dibandingkan dengan taman pulau lainnya taman pulau ini memiliki area yang cukup luas, yaitu seluas ±3.036,75 m² apabila dibandingkan dengan taman pulau lainnya di Kota Bogor. Taman air mancur telah lama didirikan dan telah menjai Icon bagi warga Kota Bogor sendiri. Posisi dari taman ini segaris lurus dengan pintu Utama Istana Bogor. Taman air mancur mengalami beberapa kali renovasi seiring berjalannya waktu, dan ditahun 2015 taman air mancur kembali direnovasi yang menjadikan taman ini semakin ramai dikunjungi oleh warga.

Taman air mancur merupakan taman perlintasan yang berada di Jalan Jendral Sudirman, dan merupakan taman yang sekelilingnya dikenal sebagai tempat kuliner bagi warga Kota Bogor. Merupakan taman persimpangan antara Jalan A. Yani dan Jalan Pemuda.

Fasilitas yang melengkapi taman ini adalah fasilitas-fasilitas yang dapat memenuhi kebutuhan dari para pengunjung seperti adanya bangku taman yang berupa amphitheater yang telah disesuaikan dengan desain dari taman air mancur ini. Kemudian dilengkapi dengan lampu taman yang energik dan warna warni yang menambah kesan hidup ditaman ini terutama dimalam hari. Taman air mancur dilengkapi plaza dengan bentuk yang mengikuti bentukan eksisting dari tapak dan penggunaan paving block yang berwarna sehingga tidak menjadikannya monoton.  Sesuai dengan nama taman terdapat air mancur pada taman ini. Terdapat fasilitas lain yaitu tempat sampah dan signage sebagai penanda nama dari taman tersebut.

Taman Air Mancur terletak tidak jauh dari Pintu Utama Istana Bogor, dengan menelusuri sepanjang Jalan Jenderal Sudirman akan menemukan taman diujung jalan tersebut. Banyak akses jalan lain yang dapat dilalui untuk menuju Taman Air Mancur yaitu taman ini dapat diakses melalui Jalan Ahmad Yani, Jalan Pemuda, Jalan RE. Martha Dinata dan Jl. Jenderal Sudirman.

Aktifitas pengunjung sebagaimana taman pulau pada umumnya hanya digunakan sebagai taman perlintasan saja, namun seiring dengan berjalannya waktu taman ini kini digunakan sebagai tempat berkumpul terutama pada sore hingga malam hari. Banyak pengunjung mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa yang sengaja mengunjungi taman ini. Tidak hanya duduk saja banyak yang melakukan foto-foto,  berkumpul hingga bersosialisasi.

Alamat : Jl. Jendral Sudirman

 

14. TAMAN EKSPRESI

taman ekspresi | taman di bogor
Taman Ekspresi (Foto : @nimrod2909)

Taman Ekspresi terletak di simpang Jl. Salak dan Jl. Jalak Harupat atau lebih tepatnya di sebelah lapangan Sempur. Taman Ekspresi terletak berdekatan dengan Taman Bhineka di Kebun Raya Bogor dan berbatasan langsung dengan Gedung Bundar milik Badan Pertanahan Nasional. Luas Taman Ekspresi adalah seluas   3611,3  m².

Taman Ekspresi semula adalah taman bermain anak, namun karena letaknya di lereng dengan sebagian besar lahan berbentuk tebingan, ditambah lagi dengan banyaknya vegetasi yang ada di lokasi taman, taman tersebut dipandang kurang optimal apabila hanya dimanfaatkan sebagai taman bermain anak. Pertimbangan lainnya adalah perlunya ruang yang bisa mengakomodir komunitas-komunitas di Kota Bogor untuk berekspresi. Kontur taman yang mencekung dan landai di tengah-tengah dipandang sangat strategis untuk dibuat konsep amphitheatre.

Oleh karena itu dibuatlah taman ekspresi dengan konsep amphitheatre dengan plaza di tengah-tengah yang dimaksudkan sebagai panggung dan bangku-bangku panjang untuk penonton duduk di sepanjang lereng taman. Selain konsep lapang dan luas pada plaza, taman ekspresi juga mengusung konsep klasik romantic, dimana taman ekspresi dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang apik pada taman. Dimulai pada lampu sorot yang menyinari signname dan pohon peneduh, lampu pengarah jalan atau bolard, lampu di bawah bangku, sampai lampu pada plaza (floor light). Kesan romantic klasik akan sangat kuat jika berada pada malam hari di Taman Ekspresi.

Taman ekspresi diresmikan pada tanggal ……. Bertepatandengan acara Festival Hijau yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Bogor, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Forum Komunitas Hijau. Semenjak diresmikan, taman ekspresi tidak pernah sepi dari peminat baik dari komunitas yang menyelenggarakan acara, sekolah, pihak swasta yang akan melaksanakan event tertentu, bahkan pernah dijadikan lokasi breefing pemerintah Kota Bogor.

Taman ekspresi dilengkapi dengan plaza yang luas, dan bangku-bangku panjang terbuat dari beton. Selain itu Taman ekspresi juga difasilitasi dengan toilet umum, mushola, lampu penerangan dan tempat sampah. Taman ekspresi dilengkapi dengan soket untuk sumber listrik sehingga pemakai taman yang akan mengadakan event di taman ekspresi tidak perlu lagi mencari sumber listrik untuk sistem pengeras suara pada acara.

Taman ekspresi dapat dicapai dengan menggunakan beberapa alternative baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Dari arah Jl. Pajajaran Terminal Baranangsiang, pengunjung dapat menuju Jl. Jalak Harupat sebelum akhirnya berbelok kearah Lapangan Sempur. Menggunakan kendaraan umum juga cukup mudah. Trayek angkutan kota (angkot) yang melewati taman ekspresi dari arah jalan pajajaran diantaranya adalah nomor 03, 06, 05, 08, dan 13. Sedangkan untuk pengunjung yang menggunakan commuter line, taman ekspresi dapat dicapai dengan menggunakan angkutan kota nomor 03 atau cukup dengan berjalan kaki karena jaraknya cukup dekat.

Pengunjung yang mengunjungi Taman Ekspresi dapat melakukan aktivitas mulai dari duduk-duduk atau melakukan berbagai aktivitas ringan lainnya. Selain itu, pengunjung juga dapat menampilkan kreatifitasnya di bidang seni atau pentas lainnya dengan jumlah audiens terbatas. Beberapa contoh aktifitas yang biasa dilakukan di Taman Ekspresi diantaranya adalah pembacaan puisi, pentas teatrikal, pentas musik akustik, dan beberapa atifitas lainnya seperti permainan anak-anak, latihan bela diri, sampai aksi sepeda BMX. itulah 14 Taman di Bogor yang menarik untuk di kunjungi.

Alamat : Jl. Salak dan Jl. Jalak Harupat

Sumber : direktori.kotabogor.go.id

Anda mungkin juga berminat