4 Tempat Wisata di Bogor Best Vacation

Leuwi Lieuk (Foto : @arfian_irfan)
385

wisatabogor.id – Inilah daftar Tempat Wisata di Bogor Best Vacation dikalangan wisatawan. Wilayah Bogor dan sekitarnya saat ini menjadi primadona tempat wisata di Jawa Barat. Pilihan tempat Wisata yang komplit, udara yang sejuk, pemandangan yang indah serta fasilitas dan akomodasi yang lengkap menjadi alasan para traveler untuk liburan di kota Hujan ini.

1. Curug Cibaliung
Tidak perlu berpetualang jauh ke pedalaman, cukup menuju Curug (air terjun) Cibaliung atau sering juga disebut curug Baliung di kawasan Sentul Bogor, kita sudah mendapatkan banyak hal, seperti petualangan, kegiatan trekking, spot foto yang bagus, sekaligus menikmati keindahan dan kejernihan air dari curug atau air terjun Cibaliung yang terletak di kawasan Sentul, Bogor.
Lokasi Dan Rute Lengkap Menuju Curug Cibaliung

Curug Cibaliung Sentul Bogor
Curug Cibaliung Sentul Bogor (Foto : kesiniaja.com)

Lokasi wisata alam bogor ini berada di kawasan Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Dari Jakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi, silahkan ambil jalur tol Jagorawi, keluar di gerbang Sentul City, lalu masuk ke jalan utama Jungle Land. Sebelum gerbang Jungle Land silahkan belok kanan arah perkampungan, setelah bertemu pertigaan Anda harus belok kiri ke arah leuwi Hejo.

Tempat wisata ini berada di dalam kawasan wisata Curug Leuwi Hejo (Leuwi Ijo) yang memiliki beberapa obyek wisata berupa leuwi dan curug, seperti : Curug Leuwi Hejo, Curug Barong, Curug Leuwi Cipet, Curug Leuwi Lieuk dan Curug Cibaliung itu sendiri.

Termasuk Curug Cibaliung ini. JIka menggunakan kendaraan bermotor, sampai di lokasi ini Anda harus berhenti dan menitipkan kendaraan Anda pada petugas parkir disana. Ada yang menyarankan agar Anda parkir di posisi paling ujung yang lebih dekat dengan lokasi curug sehingga dapat menghemat tenaga.

Dari sini, Anda harus bersiap untuk kegiatan trekking selama kurang lebih satu hingga satu setengah jam lamanya jika ingin menemui lokasi Curug Cibaliung. Medan yang turun naik bisa jadi membuat Anda lelah, namun jangan khawatir karena terdapat beberapa warung tersedia jika Anda ingin beristirahat.

Sebelum sampai ke lokasi, Anda akan melewati Leuwi Cipet dan Leuwi Lieuk. Ambil jalur kanan dari Leuwi Lieuk, setelah 50 meter ambil jalur kiri. Dari sini Anda sampai ke sungai yang menjadi bagian dari Curug, Anda dapat menyusuri sungai selama 20 hingga 30 menit sebelum akhirnya Anda menemui Curug Cibaliung.

Curug Cibaliung adalah lokasi curug terdalam. Belum banyak pengunjung yang bertandang ke lokasi ini, sehingga dalam dibilang lokasinya paling bersih alami dan lebih sepi. Sangat berbeda dengan Curug Leuwi Hejo yang dipadati pengunjung.

Air terjun nya tidak telalu tinggi namun deras dan jernih. Sungai tempat bermuara nya air berwarna hijau toska dan lebih terlihat jelas pada saat musim panas. Menyusuri sungai nya merupakan keistimewaan tersendiri.

Selain kejernihan airnya, bebatuan raksasa di sekelilingnya di sepanjang mata memandang menimbulkan sensasi tersendiri, membuat kita lupa bahwa kita berada tidak jauh dari kota Jakarta. 4 Tempat Wisata di Bogor Best Vacation.
Sumber : www.piknikasik.com

2. Curug Ciherang Jonggol
Curug ini merupakan sebuah curug alias air terjun yang berada di Kabupaten Bogor. Tepatnya di Desa Warga Jaya, Kecamatan Sukamakmur. Curug ini termasuk tempat wisata anti mainstream di Bogor. Tidak terlalu ramai bahkan cenderung sangat sepi.

Curug Ciherang Jonggol
Curug Ciherang Jonggol (Foto : @rizky_si_ahmad)

Lokasi Curug Ciherang berada pada alam terbuka di sebuah kawasan hutan yang dikelola oleh perhutani. Kelebihan utama curug ini adalah suasananya yang sepi sehingga sangat cocok untuk kamu yang sedang membutuhkan suasana hening untuk berkontemplasi atau ingin menghilangkan kepenatan

Batu-batu alam berukuran besar tampak berserakan di sekitar air terjun. Untuk kamu yang suka upload foto di Instagram, spot tersebut sepertinya cukup menarik untuk berfoto

Untuk sampai ke lokasi air terjun sendiri kita harus berjalan kaki selama sekitar 15 menit dari gerbang masuk. Yang akan kita lewati adalah jalanan setapak dengan pemandangan hijau khas hutan. Tidak akan membosankan selama kita bisa menikmati perjalanan.

Untuk menuju ke gerbang masuk Curug Ciherang sendiri kita bisa menjadikan alun-alun Jonggol sebagai acuan. Dari Alun-alun Jonggol ini, kamu bisa belok kanan di pertigaan menuju Sukamakmur

BACA JUGA:  3 Rekomendasi Tempat Wisata Di Bogor Terbaik

Curug Ciherang ini bisa dijadikan alternatif tempat wisata di Bogor. Khususnya untuk kamu yang menyukai tempat-tempat wisata anti mainstream.
Sumber : www.yukpiknik.com

3. Gua Agung Garunggang Sentul
Para penggemar telusur alam dijamin akan dimanjakan dengan perpaduan apik soft-hiking dan caving ala Goa Agung Garunggang. Terletak di Desa Cigobang, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor, lokasi yang merupakan situs ekologi ini mulai banyak dilirik para wisatawan yang datang ke Bogor.

Gua Agung Garunggang Sentul
Gua Agung Garunggang Sentul (Foto : udaindra.blogspot.com)

Searah menuju kawasan Curug Leuwi Hejo, mungkin ini bisa menjadi penunjuk singkat bagi kalian yang ingin mengunjungi Goa Agung Garunggang. Jika kalian mengetahui tempat wisata Jungle Land – Sentul mungkin kalian tidak akan kesulitan mencapai rute utama menuju goa ini. Jangan khawatir, karena di sekitar kawasan ini sudah terpasang plang yang akan membantu kalian menuju lokasi.

Dengan mengikuti rute menuju Curug Leuwi Hejo, kalian akan diantar sampai ke desa Karang Tengah. Disarankan untuk memperlambat laju kendaraan kalian, karena plang menuju Goa Agung Garunggang terbilang tidak terlalu mencolok dari tepian jalan. Jika kalian tengok ke kiri jalan, akan terlihat sebuah pos yang di sana terpasang penunjuk arah menuju goa yang menunjuk ke sebuah gang kecil. Yup! Gang sempit ini akan mengantar kalian ke daerah Cigobang yang merupakan desa kecil di mana goa ini berada.

Banyaknya wisata alam di Bogor membuat beberapa pihak pengelola membuat tarif masuk bagi wisatawan dengan jaminan sarana dan kebersihan yang baik. Tetapi, hal tersebut belum ditemukan di goa yang masih tergolong tidak banyak diketahui orang ini. Sampai saat ini, kalian dapat menelusuri kawasan indah tersebut tanpa harus membayar. Bisa dibilang kalian hanya perlu mengeluarkan untuk biaya keamanan kendaraan sebesar Rp. 5000 dan uang kebersihan seikhlasnya kepada ‘kuncen’ Goa Agung Garunggang ini.
Sumber : www.kesiniaja.com

4. Leuwi Lieuk
Objek wisata Curug Leuwi Lieuk berada di Wangun Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Cibadak Sukamakmur, Bogor.

Leuwi Lieuk
Leuwi Lieuk (Foto : @arfian_irfan)

Objek wisata ini merupakan objek wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga dan orang-orang tercinta. Lokasi Curug Leuwi Lieuk berada jadi satu dengan Curug Leuwi Hejo dan Curug Barong. Jadi bagi anda yang tengah berlibur di kawasan ini, tidak lengkap rasanya jika tanpa mengunjungi satu paket wisata Curug di Cileungsi ini.

Curug Leuwi Lieuk Bogor sedang menjadi objek wisata yang populer saat ini karena keindahan alamnya, dan menjadi objek wisata dengan harga terjangkau sehingga banyak yang mengunjungi tempat ini.

Panorama alam yang indah dipadukan dengan jernihnya air yang berada di lokasi Curug akan membuat sebagian besar pengunjung betah berlama-lama disini. Bagi pengunjung yang ingin menghilangkan penat dengan aktifitas di perkotaan, curug dengan keheningan dan gemericik air ini sangat pas untuk menenangkan diri sejenak.

Perjalanan menuju Curug Leuwi Lieuk ini membutuhkan perjuangan dan tenaga yang lebih, karena lokasi Curug berada di balik lebatnya hutan pegunungan sentul selatan dan harus melewati perbukitan untuk mencapainya. Namun, semua itu akan terbayar manakala anda sampai di lokasi Curug Leuwi Lieuk ini karena keistimewaan panoramanya.

Curug Leuwi Lieuk menawarkan sejuknya udara dan suara aliran air yang menenangkan. Terdapat kolam air yang berwarna hijau jernih yang diapit oleh dua tebing tinggi. Curug Leuwi Lieuk dipromosikan sebagai salah satu lokasi wisata yang mirip dengan Green Canyon Pangandaran. Perbedaannya adalah, Leuwi Lieuk lebih bersahabat dibandingkan dengan Green Canyon yang memacu adrenalin.

Berenang adalah aktifitas yang menarik di lokasi ini, anda bisa melompat dari tebing yang ketinggiannya dapat disesuaikan mulai dari 3 sampai 6 meter. Pengelola menyediakan tali yang digunakan pengunjung untuk menaiki tebing, dengan kedalaman curug sekitar 4 meter lokasi Curug Leuwi Lieuk aman untuk area melompat dari atas tebing.
Sumber : www.wisatahits.com

Itulah 4 Tempat Wisata di Bogor Best Vacation. Semoga bermanfaat bagi liburan anda!

Anda mungkin juga berminat