Curug Leuwi Lieuk Wisata Alam Sentul

wisatabogor.id – Bogor dikenal sebagai salah satu tujuan liburan karena memiliki banyak tempat wisata menarik, berupa wisata alam hingga wisata kuliner. Masyarakat Jakarta pun terlihat aktif berwisata ke “kota 1000 angkot” ini pada hari hari libur termasuk pada akhir pekan. Daerah Puncak adalah yang paling banyak di kunjungi wisatawan. Namun selain puncak, sebenarnya ada banyak objek wisata menarik yang bisa dikunjungi di sana, mulai dari yang ada di pusat kota seperti Kebun Raya sampai objek wisata tersembunyi seperti Curug Leuwi Hejo dan Curug Leuwi Lieuk.

Berbicara soal objek wisata seperti Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi, Waterpark Jungle Water Adventure, hingga Taman Safari, pasti sudah bosan kamu dengar. Nah, kalau kamu tertarik dengan obyek wisata baru di kota Bogor yang cantik dan masih alami, salah satu yang paling direkomendasikan adalah Curug Leuwi Lieuk.

Objek wisata ini cukup viral karena menampilkan pemandangan yang eksotis dan tidak biasa. Bogor dikenal punya banyak objek wisata air terjun yang indah dan mempesona, menawarkan panorama yang hijau serta alami, tidak terkecuali dengan Curug Leuwi Lieuk.

CURUG LEUWI LIEUK

Curug Leuwi Lieuk

Walaupun tergolong sebagai salah satu destinasi wisata baru, namun tidak butuh waktu lama bagi objek wisata baru di Bogor ini untuk menarik minat para wisatawan, terutama yang menyukai objek wisata tersembunyi dan yang masih perawan. Ya, social media membuat segala sesuatunya mudah menjadi viral, tidak terkecuali tempat-tempat wisata yang terlihat cantik seperti objek wisata yang satu ini.

Obyek wisata ini bisa jadi pilihan kalau kamu tertarik mengunjungi tempat wisata berbau adventure karena medan yang akan dilalui tidaklah mudah. Perlu sedikit perjuangan dengan jalan kaki untuk bisa sampai di sana. Namun rasa lelah yang kamu rasakan pasti akan terbayar lunas dengan pemandangan di sepanjang perjalanan dan cantiknya objek wisata ini.

Satu hal yang membuat banyak wisatawan rela meluangkan waktu dan tenaga untuk datang ke tempat ini adalah karena adanya kolam air yang dalam dan berair sangat jernih serta bersuhu dingin di tempat tersebut.

Suasananya benar-benar bikin kita kepengen segera menceburkan diri dan berendam atau berenang untuk merasakan kesegarannya setelah melalui perjalanan yang melelahkan dari tempat parkir.

RUTE MENUJU OBJEK WISATA CURUG LEUWI LIEUK

Objek wisata ini tersembunyi di balik lebatnya hutan pegunungan Sentul Selatan (Babakan Madang Bogor). Jadi, untuk bisa sampai di sana wisatawan harus melalui beberapa jalan menanjak, itulah sebabnya mengapa kita perlu menyediakan stamina lebih banyak untuk bisa sampai di tempat wisata.

BACA JUGA:  Wisata Bogor Curug Luhur Yang Mempesona

Bagi kamu yang penasaran dan ingin juga merasakan indahnya pemandangan di objek wisata Curug Leuwi Lieuk Bogor, kamu bisa mengikuti petunjuk rute berikut ini.

Kamu bisa ke sana menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Kemudian berkendaralah menuju jalur Leuwi Liyet satu arah dengan jalur menuju ke Leuwi Hejo.
Kamu bisa memilih jalur Sentul atau jalur Citeureup. Keduanya bisa dilalui oleh kendaraan roda empat maupun roda dua (tujuannya adalah Babakan Madang Sentul).
Tempat parkir objek wisata ini ada di Posyandu Desa Pabuaran, Sukamakmur. Selain di Posyandu tersebut, kamu juga bisa parkir sedikit ke atas kalau kebetulan motormu cukup kuat untuk nanjak. Yang pasti, parkir di atas akan bikin kamu lebih hemat tenaga. Tempat parkir ini masih satu wilayah dengan Curug Barong dan Curug Leuwi Hejo.
Setelah memarkir kendaraan, kamu harus berjalan kurang lebih 15 menit menuruni sebuah bukit hingga sampai di loket pembayaran objek wisata. Di sana selain loket, kamu juga akan menemui beberapa warung dan tempat parkir motor.
Setelah membayar tiket masuk, kamu bisa menanyakan arah pada penjaga yang ada di sana atau pada pemilik-pemilik warung.
Jika kamu mengambil jalan lurus, itu adalah jalan menuju ke Curug Leuwi Hejo. Sedangkan kalau kamu memilih jalan yang ke atas dan menanjak, kamu akan sampai di Curug Leuwi Lieuk dan Curug Barong.

Jalan menuju objek wisata dari pos retribusi ini berbukit, beberapa di antaranya punya kontur yang cukup curam.

Setelah berjalan antara 10-15 menit dari loket pembayaran, kita akan menemui Jalan bercabang. Jika mengambil arah kiri, kita akan sampai ke Curug Barong. Sebaliknya, jika mengambil ke arah kanan kita akan sampai di Leuwi Lieuk.
Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 20-30 menit, kita akan sampai di sebuah sungai. Dari sungai ini, jalan menuju ke objek wisata sedikit menanjak dan agak licin. Setelah melewati bukit ini, di kejauhan kita akan melihat objek wisata Leuwi Lieuk yang indah dan mempesona.

Anda mungkin juga berminat