Lebaran itu merupakan hari yang spesial bagi umat Islam. Sehingga tidak ada salahnya jika anda membuat sesuatu yang spesial untuk menyambut lebaran nanti, yakni dengan membuat beraneka macam makanan bisa anda suguhkan bagi keluarga, kerabat, dan tetangga yang akan berkunjung ke rumah anda.Karena pada saat lebaran akan ada banyak tamu yang datang ke rumah. Oleh karena itu, anda perlu menata meja makan supaya lebih cantik, termasuk soal pemilihan alat makan. Mulai dari piring hingga sendok dan garpu.

Supaya tidak menghabiskan banyak waktu untuk mencuci peralatan makan setelah tamu datang, maka pilihlah peralatan makan yang lebih praktis. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan memberikan informasi tentang 5 tips memilih peralatan makan yang praktis untuk lebaran sebagai berikut ini :

  1. Piring

Dalam hal ini, anda bisa menyiapkan piring datar besar dari keramik untuk menempatkan lauk pauk. Seperti potongan ketupat atau lontong. Selain itu, bisa juga sebagai wadah untuk irisan kue atau kudapan ringan lainnya. Sebaiknya gunakan piring yang berwarna netral, seperti biru tua, cokelat, atau putih supaya mudah dipadu padankan. Cari juga piring yang memiliki desain cantik, seperti daun atau tepian tidak rata. Hal ini dilakukan supaya nampak kesan elegan. Jika di rumah anda tidak ada asisten rumah tangga, maka sebaiknya pilihlah peralatan makan sekali pakai. Dengan begitu peralatan bisa langsung dibuang tanpa harus mencucinya lagi. Dan cari alat makan dengan motif yang sesuai dan beraneka warna.

  1. Mangkuk

Opor, sayur labu, maupun buah segar bisa anda tempatkan dalam mangkuk besar. Selain itu, sediakan juga mangkuk kecil untuk memudahkan para tamu menyantap makanan yang berkuah. Dalam hal ini, anda bisa memilih mangkuk berbahan plastik, keramik, atau kaca.

  1. Sendok dan Garpu

Untuk sendok dan garpu anda bisa memilih dari bahan stainless steel. Karena tampilannya lebih cantik untuk hari yang spesial seperti lebaran. Namun, jika anda ingin lebih praktis, maka gunakan saja sendok dan garpu yang terbuat dari bahan plastik. Jenis peralatan makan plastik ini aman bagi kesehatan asalkan memilih bahan plastik yang aman. Pada umumnya alat makan yang terbuat dari bahan plastik aman itu telah mendapatkan sertifikasi seperti Food Grade, BPA Free, dan lain sebagainya. Selain itu, simbol khusus seperti PVC Free, dan yang lainnya juga sangat penting untuk diperhatikan supaya bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tersebut tidak menyerap pada makanan.

  1. Gelas

Supaya lebih praktis anda bisa gunakan gelas sekali pakai untuk minuman racikan sendiri. Namun jika ingin menggunakan gelas kaca, maka gunakanlah gelas kaca ukuran kecil. Khusus air putih maka pilihlah yang kemasan supaya tidak memerlukan gelas tambahan dan lebih praktis.

  1. Serbet Makan

Selain peralatan makan dan minum, anda juga harus memperhatikan serbet makan. Karena tidak mungkin rasanya anda menyediakan banyak serbet kain. Oleh karena itu, sebaiknya anda ganti dengan tissue makan bercorak yang sudah banyak dijual di pasaran. Ada yang bergambar garis-garis, bunga, dan lain sebagainya. Selain cantik, dengan menggunakan tissue bercorak ini juga menjadi lebih praktis.

Mungkin itu saja 5 tips saat memilih perlengkapan makan dan minum yang praktis saat lebaran semoga ada guna dan manfaatnya.