6 Kegunaan Winix Air Purifier untuk Menunjang Kesehatan

  • 2 min read
  • Aug 17, 2021
Winix Air Purifier

Air purifier dari Winix merupakan alat yang dirancang sehingga dapat berfungsi untuk membersihkan udara yang ada di dalam ruangan. Nah, udara yang ada di dalam ruangan sendiri pada dasarnya memiliki tingkat polutan yang lima kali lebih tinggi dibandingkan dengan udara yang ada di luar ruangan. Sementara itu, kualitas udara juga akan semakin buruk apabila kita tinggal di kawasan yang memang tingkat polusi udaranya sudah tinggi. Dalam jangka pendek, polusi udara ini dapat memicu adanya gejala asma maupun alergi seperti bersih maupun hidung tersumbat dan batuk. Sementara itu, apabila polusi sudah cukup pekat, maka seseorang dapat mengalami sakit kepala. Sakit tersebut disebabkan oleh adanya paparan karbondioksida.

Untuk menetralkan ancaman yang dihasilkan dari polusi udara dan aktivitas ruang, maka kita dapat menggunakan air purifier dari Winix. Alat ini memiliki beberapa filter serta kipas yang berfungsi untuk menghisap dan mengedarkan udara. Ketika udara bergerak dari filter, maka partikel dan polutan akan tertangkap. Kemudian, udara bersih akan kembali didorong ke dalam ruangan tempat kita tinggal. Sementara itu, air purifier Winix ini juga sudah dilengkapi oleh filter HEPA alias high efficiency particulate air. HEPA ini akan menangkap partikel yang ukurannya bermacam-macam menggunakan jaring berlapis. Lantas, apa saja sih kegunaan air purifier Winix? Berikut penjelasannya!

  1. Gejala asma dapat diredakan

Seseorang yang memiliki asma akan mengalami peradangan pada bagian saluran bronkialnya. Polutan tersebut menyerupai bulu hewan peliharaan, tungau debu, serta serbuk sari yang mengiritasi saluran udara dan pada akhirnya menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk bernapas. Melalui filter HEPA, semua polutan tersebut dapat ditangkap dan udara bersih dapat diedarkan ke seluruh ruangan.

  1. Bahan kimia berbahaya dapat dihilangkan

Seperti yang telah dijelaskan, berada di dalam ruangan tidak menjamin kita bebas dari ancaman paparan polusi. Ada banyak pembersih rumah tangga yang ternyata memiliki kandungan bahan kimia beracun seperti ftalat, klorin, maupun amonia. Nah, air purifier ini memiliki karbon aktif yang dapat membersihkan adanya kandungan bahan kimia berbahaya serta mengurangi risiko masalah kesehatan.

  1. Menghilangkan bau yang tidak sedap

Bahan kimia seperti benzena maupun formaldehida yang terurai pada suhu kamar bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Bahan kimia ini dikenal sebagai senyawa organik volatil (VOC) yang bisa ditemukan pada car, semprotan aerosol, furnitur, dan lain sebagainya. Nah, bau dari VOC ini pada umumnya dapat memicu gejala seperti sesak napas, mual, dan pengurangan fungsi kognitif. Melalui filter HEPA, air purifier dapat menangkap gas yang diakibatkan oleh VOC.

  1. Mengurangi resiko penyebaran penyakit melalui udara

Penyakit bisa saja ditularkan melalui udara. Misalnya seperti flu yang menyebar melalui patogen kecil. Nah, air purifier ini memiliki filter HEPA yang akan menangkap virus yang menyebabkan flu.

  1. Memperbaiki kualitas tidur

Tahukah kamu? Alergen yang ada di ruangan seperti jamur, tungau, dan bakteri dapat memicu munculnya demam maupun alergi. Akibatnya, muncul gejala-gejala seperti batuk, hidung tersumbat, bersin, serta mata berair dan sakit tenggorokan yang akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Namun, air purifier bisa kita andalkan untuk menyaring alergen dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

  1. Menghindari bahaya partikel asbes

Seperti halnya radon, partikel asbes juga memicu bahaya bagi kesehatan. Namun, asbes sendiri sudah sejak lama digunakan di rumah-rumah. Untungnya, air purifier bisa menangkap partikel asbes dan mencegah kemunculan penyakit.