Inilah 5 Kegiatan yang Harus Dihindari Selama Social Distancing di Tengah Wabah Virus Corona

  • 2 min read
  • Apr 14, 2020
Virus Corona

Virus Corona memang membawa dampak yang cukup besar di dunia. Semua orang terkena imbasnya dan butuh waktu lama untuk putih, tak hanya memulihkan kesehatan saja, melainkan juga kondisi ekonomi yang sempat terguncang beberapa waktu belakangan ini. di Indonesia sendiri jika dilihat dari angka positif Covid 19 memang senantiasa mengalami peningkatan, dimana sekarang ini tercatat sudah ada lebih dari 3 ribu kasus. Angka kematian mencapai 280 jiwa bahkan diprediksi akan terus mengalami peningkatan.

Melihat fakta semacam ini memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya berbagai macam kebijakan kemudian juga diupayakan oleh pemerintah untuk mengatasi kondisinya. Mulai dari kebijakan bekerja dari rumah bagi mereka yang memang bisa sampai dengan melakukan sosial distancing. Upaya yang satu ini ditujukan untuk menekan angka positif Covid 19 yang memang senantiasa meningkat dari waktu ke waktu. Juga digunakan sebagai upaya untuk memutus rantai persebaran dari virus tersebut.

Selama penerapan social distancing pada saat masa gawat darurat Virus Corona tersebut setidaknya berikut ini ada beberapa hal yang patut untuk dihindari, yaitu:

  1. Melakukan pertemuan dengan orang dalam jumlah yang cukup besar atau kumpul-kumpul. Salah satu kebiasaan dari orang Indonesia memang suka sekali kumpul-kumpul dan membahas sesuatu. Mulai dari yang penting sampai tidak penting. Hal ini hanya akan meningkatkan resiko penyebaran Covid 19 tanpa disadari. Dengan menghindari kegiatan semacam ini maka bisa membuat Anda terjaga, karena tidak banyak melakukan kontak dengan orang lain.
  2. Melakukan perjalanan jarak jauh, sebaiknya bagi Anda yang memiliki rencana untuk bepergian ke luar kota atau bahkan mudik. Apalagi sebentar lagi akan memasuki masa mudik lebaran, ditunda dulu. Apalagi selama perjalanan tidak ada jaminan Anda aman tetap aman, khususnya bagi yang mengandalkan fasilitas atau kendaraan umum. Karena akan berjumpa dengan lebih banyak orang begitu juga dengan sarana prasarana yang digunakan bersama. Sehingga ada kemungkinan tinggi dapat tertular virus ini.
  3. Memakai sarana transportasi umum, kembali lagi karena memang tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi apalagi tujuannya adalah untuk perjalanan jarak jauh, maka kerap kali memakai kendaraan umum. Dimana resiko penularan virus juga jadi semakin tinggi. Karena memang angkutan umum ini dipakai bersama dengan orang lain dan juga secara bergantian. Bahkan Anda akan mengandalkan sarana transportasi umum ini untuk menempuh perjalanan dengan jarak yang cukup jauh.
  4. Melakukan olahraga di pusat kebugaran, karena di tempat Gym ini ada banyak orang yang melakukan hal sama. Meskipun tujuannya sendiri memang baik demi kesehatan. Namun jika seandainya dilakukan bersama maka kemungkinan terjadinya penularan juga semakin tinggi. Itulah mengapa pemerintah menerapkan kebijakan penutupan tempat gym.
  5. Hangout, sekedar jalan-jalan bersama dengan teman ataupun juga pacar sebaiknya ditunda dulu. Karena sebenarnya Anda tetap bisa berkomunikasi lewat telepon saja. Karena ketika hangout atau jalan-jalan maka sebenarnya resiko untuk tertular penyakit dari orang lain juga semakin tinggi. Tahan dulu keinginan tersebut sampai kondisinya cukup kondusif.

Itulah beberapa jenis kegiatan atau hal yang patutnya Anda hindari selama kegiatan social distancing seperti sekarang ini. Apalagi dalam kondisi darurat virus Corona. Mengingat pada dasarnya penyakit ini tak pandang bulu dapat menyerang siapa saja, dari berbagai jenis usia bahkan juga jenis kelamin. Terapkan upaya pencegahannya, untuk informasi lengkapnya kunjungi situs Halodoc.