Inilah Alasan Perbedaan Harga Paket Umroh Ramadhan yang Wajib Anda Ketahui

  • 2 min read
  • Feb 01, 2020
Paket Umroh Ramadhan

Menjalankan ibadah haji tentu merupakan salah satu hal yang diinginkan oleh seluruh umat agama islam. Ibadah haji merupakan ibadah yang memberikan banyak manfaat dan dianggap sebagai penyempurna ibadah lainnya. Sayangnya tidak semua orang bisa merasakan ibadah yang satu ini.

Orang-orang yang belum bisa melaksanakan ibadah haji karena beberapa alasan, banyak yang memilih untuk melaksanakan haji kecil sebagai bentuk ibadah lainnya. Sama seperti ibadah haji, haji kecil juga harus dilakukan dengan melaksanakan urutan ibadah tertentu. Saat ini bahkan mulai banyak biro jasa yang menawarkan paket umroh ramadhan dengan beberapa perbedaan dibandingkan paket umroh biasa. 

Perbedaan yang pertama berkaitan dengan waktu pelaksanaan. Sesuai namanya, paket haji kecil ini memang dilaksanakan selama bulan ramadhan sehingga setiap hal yang berkaitan dengan perjalanan akan selesai dipersiapkan sekitar 1 bulan sebelum memasuki bulan yang penuh barokah tersebut. Mengenai tanggal keberangkatan sebenarnya tergantung pada paket yang diambil. 

Setiap biro jasa menawarkan layanan berbeda yang memiliki kelebihan masing-masing. Hal inilah yang menyebabkan harga dari tiap layanan haji kecil berbeda-beda. Harga yang ditawarkan oleh setiap biro jasa tergantung pada fasilitas yang disediakan oleh biro jasa tersebut. Paket umroh ramadhan ini biasanya memiliki fasilitas meliputi tiket pesawat, layanan hotel hingga air zamzam.

Anda bisa bertanya mengenai fasilitas yang ada pada biro jasa yang Anda inginkan sebelum mengikuti layanan haji kecil tersebut. Harga yang diberikan untuk setiap layanan yang dipilih juga tergantung pada tanggal keberangkatan yang Anda pilih. Mayoritas jamaah yang memilih tanggal akhir bulan sebagai tanggal pelaksanaan haji kecil biasanya harus mengeluarkan budget ekstra karena fasilitas yang diberikan cukup berbeda. 

Kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikuti layanan haji kecil ini berkisar antara 25 hingga 45jutaan. Tentu setiap biaya yang harus dibayar tergantung pada fasilitas yang akan diterima. Mayoritas biro jasa yang mengadakan paket umroh ramadhan membuat jadwal ibadah haji kecil ini untuk 12 hingga 16 hari.

Beberapa biro jasa bahkan memberikan fasilitas lengkap mulai dari pengurusan syarat administrasi hingga kebutuhan pokok lainnya. Biaya yang dibayar oleh jamaan juga biasanya sudah termasuk pelaksanaan manasik umroh yang dilaksanakan beberapa hari menjelang keberangkatan.

Manasik ini perlu dilakukan agar jamaah terbiasa menjalankan rangkaian ibadah yang harus dilakukan. Jika jamaah sudah familiar dengan rangkaian ibadah yang harus dilakukan, maka kemungkinan besar jamaah bisa melakukan rangkaian ibadah saat pelaksanaan dengan lancar tanpa gangguan berarti.

Hal lainnya yang juga memberikan pengaruh pada jumlah biaya yang harus dibayar adalah fasilitas air zamzam yang diberikan. Fasilitas ini biasanya diberikan pada jamaah paket umroh ramadhan agar bisa dibawa pulang ke tanah air. Jumlah air zamzam yang diberikan oleh setiap biro jasa berbeda-beda tergantung pada program yang dibuat.

Fasilitas hotel juga menjadi salah satu hal yang sangat mempengaruhi biaya yang harus dibayar oleh jamaah. Setiap biro jasa sudah bekerjasama dengan hotel-hotel tertentu sesuai dengan fasilitas yang disediakan oleh hotel tersebut. Semakin tinggi fasilitas hotel yang diberikan, semakin tinggi pula biaya yang harus dibayar oleh jamaah.

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan adanya perbedaan harga antara satu biro jasa dnegan biro jasa lainnya. Perbedaan harga juga sering terjadi pada sebuah biro jasa yang menawarkan beberapa layanan umroh seperti paket umroh ramadhan dan umroh plus. Tingginya harga yang diberikan akan sebanding dengan fasilitas yang Anda terima. Karena harga tidak akan mengkhianati fasilitas.