Kebaikan Air Minum Berkualitas Dalam Menjaga Hidrasi Tubuh

  • 3 min read
  • Aug 05, 2020
Air Minum Berkualitas

Saat tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi, makan fungsi organ tubuh tidak akan bekerja secara maksimal sehingga tubuh pun juga akan mengalami hal-hal yang tidak diinginkan seperti letih, lunglai, pusing, kurang konsentrasi, tekanan darah tinggi, hingga gangguan ginjal serta pencernaan. Karena air putih mengandung banyak manfaat, salah satunya adalah oksigen yang berfungsi untuk membantu peredaran darah keseluruh tubuh, bila peredaran darah tidak lancar maka akan berakibat pusing pada bagian kepala, ataupun mengalami kram pada bagian-bagian tubuh khususnya tangan atau kaki.

Setidaknya, mengkonsumsi air putih atau air minum berkualitas secara rutin setiap hari dapat membantu tubuh mendapat cairan yang dibutuhkan. Air minum berkualitas salah satunya adalah AQUA yang sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak tahun 1972, dimana akhirnya AQUA pada tahun 1983 menggunakan sumber mata air pegunungan sebagai sumber air minum berkualitas karena mata air pegunungan memiliki banyak manfaat khususnya mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. AQUA tidak menggunakan sumber air pegunungan secara acak untuk menjadi sumber air minum berkualitas, setidaknya bersama dengan para ahli geologi dan geohidrologi yang juga didukung oleh beberapa universitas ternama di Indonesia membantu membuat dasar kriteria dan syarat untuk menjadi sumber air minum berkualitas AQUA yang prosesnya memakan waktu selama satu tahun sebelum menentukan satu sumber air pegunungan sebagai sumber air AQUA[1].

Hal ini juga dipertegas oleh Prof. Dr. Sari Bahagiarti, MSc., yang mana merupakan ahli hidrogeologis dari UPN Veteran Yogyakarta yang mengatakan sumber air minum terbaik yang berkualitas berasal dari mata air pegunungan vulkanik yang berasal dari air tanah dalam. Mata air pegunungan sendiri relatif bebas pencemaran, mengandung mineral alami yang seimbang  yang dibutuhkan oleh tubuh, serta memenuhi syarat karakteristik sumber air tanah yang baik[2].

Air mineral sebagai air minum berkualitas, memiliki banyak kebaikan dalam menjaga hidrasi tubuh seperti[3] :

  1. Memelihara Kesehatan Tulang

Air mineral mengandung kalsium yang terbukti setara dengan susu dengan fungsi memelihara kesehatan tulang yang juga dibantu oleh magnesium dan bikarbonat sehingga tubuh memerlukan semua manfaat tersebut agar tulang terpelihara dengan baik, untuk anak-anak, maupun orang dewasa hingga lansia.

  1. Melindungi Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Mengkonsumsi air mineral sebagai air minum berkualitas juga berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berbahaya jika jantung dan pembuluh darah tidak befungsi sebagaimana mestinya. Karena jantung sendiri berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, maka dari itu kesehatan jantung harus dilindungi dengan baik. Selain itu juga dalam menjaga pembuluh darah, magnesium dari air mineral dapat menstabilkan tekanan darah dalam tubuh, khususnya para penderita hipertensi karena dapat beresiko pada kematian akibat penyakit jantung koroner.

  1. Merawat Sistem Pencernaan

Air minum berkualitas seperti air mineral seperti AQUA mengandung magnesium dan natrium yang dapat mencegah serta mengatasi sembelit sehingga sistem pencernaan dalam tubuh dapat terawat dengan baik dan tubuh tidak akan mengeluarkan kotoran saat buang air besar dengan keras ataupun warna urine yang berwarna jernih.

  1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Kebaikan air minum berkualitas terakhir adalah air mineral yang mengandung selenium, dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh sehingga tubuh tidak mudah diserang virus ataupun penyakit. Karena selenium sendiri merupakan komponen penting pada enzim serta protein yang berfungsi untuk menyeimbangkan dan menjaga keutuhan sel imun dalam tubuh secara optimal.

Dari sekian banyak air minum yang ada dipasaran, AQUA sebagai pelopor air minum berkualitas di Indonesia selalu berimprovisasi dalam menjaga kebaikan air penunungan disetiap tetesnya untuk Anda serta keluarga. AQUA juga terpercaya lebih dari 45 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silika, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Yuk, persiapkan kebutuhan air minum berkualitas untuk Anda dan keluarga dengan AQUA.

Referensi :

  1. https://aqua.co.id/pengelolaan-sumber-daya-air-aqua
  2. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1511915/sumber-air-minum-terbaik-ada-di-pegunungan-vulkanik
  3. https://www.alodokter.com/memahami-air-mineral-kandungan-dan-bedanya-dengan-air-putih-biasa