Langkah Mudah Memesan Tiket Kereta Secara Online Jakarta Semarang

  • 2 min read
  • Apr 06, 2020
Tiket Kereta

Salah satu pilihan alat transportasi umum yang banyak digunakan masyarakat untuk melakukan perjalanan ke berbagai daerah yang ada di Indonesia yaitu Kereta Api. Pertumbuhan teknologi yang semakin maju seperti saat ini tentunya akan mempermudah masyarakat didalam pembelian kereta api secara online.

Jika dulu untuk membeli tiket kereta api itu kamu harus antri terlebih dahulu di loket dan jika kamu terlambat sedikit saja bisa ketinggalan kereta. Dulu untuk membeli tiket kereta api itu selain dibutuhkan waktu yang lebih banyak tetapi dibutuhkan juga tenaga yang lebih banyak. Dan masih banyak masalah lainnya yang kemungkinannya bisa dialami oleh para calon penumpang pembelian tiket kereta api secara langsung.

Dengan munculnya sistem online ini tentunya akan memudahkan kamu dalam membeli tiket di situs jual beli online. Lalu bagaimana cara memesan tiket kereta Jakarta Semarang secara online? Berikut dibawah ini langkah mudah memesan tiket kereta secara online Jakarta Semarang diantaranya yaitu :

  1. Pertama tama buka terlebih dahulu situs, lalu akan munculnya form yang harus diisi dengan data diri.
  2. Pada kolom keberangkatan, kamu bisa menentukan tanggal keberangkatanmu. Kelebihan dari pembelian tiket kereta secara online ini adalah kamu bisa melihat tiket yang sudah muncul dari 4 bulan sebelum keberangkatan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan tiket seperti yang sering terjadi pada pembelian secara offline.
  3. Setelah itu kamu bisa menentukan stasiun keberangkatan, biasanya didalam satu daerah itu terdapat beberapa stasiun pemberhentian kereta. Sebagai contohnya saja Yogyakarta memiliki lebih dari 5 stasiun kereta api. Kamu bisa memilih yang kira kira akses jalannya lebih cepat, mudah, dan gampang.
  4. Saat melakukan pembelian tiket secara online, kamu tidak hanya bisa menentukan stasiun keberangkatan saja tetapi juga bisa menentukan sendiri stasiun yang akan menjadi tujuanmu.
  5. Kemudian isilah kategori penumpang misalnya apakah anak anak atau dewasa, tetapi biasanya anak dibawah 3 tahun itu infant.
  6. Didalam satu hari saja adanya beberapa jadwal kereta api dengan tujuan yang sama tetapi terkadang menggunakan jenis kereta yang berbeda. Untuk ini kamu juga bisa menentukan sendiri, kamu bisa menyesuaikan dengan kenyamanan dan kebutuhan kamu.
  7. Kemudian lihatlah kelas kereta api mulai dari yang ekonomi hingga executive. Biasanya jika tiketnya masih tersedia dalam sebelah kolom maka akan tertera tulisan booking, tetapi akan tertulis habis jika sudah penuh.
  8. Setelah melengkapi semua data diri tersebut sesuai dengan keinginan kamu, dan setelah semuanya selesai tinggal klik kolom selanjutnya.
  9. Jika adanya keinginan untuk pindah kelas atau memilih kursi sendiri, kamu bisa klik bagian pindah lalu disitu biasanya akan tercantum nomor kursi yang bisa kamu pilih. Biasanya kursi yang masih berwarna abu abu itu menandakan jika masih tersedia, tetapi jika kursinya berwarna merah maka tandanya sudah terisi.
  10. Kamu juga bisa menentukan sistem pembayaran yang diinginkan, adanya beberapa tempat umum yang menerima pembayaran pembelian tiket tersebut.
  11. Sebelumnya kamu juga akan mendapatkan informasi terlebih dahulu tentang pembayaran maksimal yang harus dilakukan. Jika kamu tidak juga melakukan pembayaran hingga waktu yang sudah ditentukan, maka tiket tersebut akan dibuka lagi untuk orang lain.
  12. Biasanya didalam pembelian tiket kereta api secara online ini semua informasi dan komunikasi melalui email, sehingga pastikan kamu selalu mengecek email selama pembelian tiket itu berlangsung.

Bagaimana mudah kan cara memesan tiket kereta secara online Jakarta Semarang ini?