Lightroom Aplikasi Terbaik Untuk Mengedit

  • Wisatabogor
  • Feb 08, 2022
Teknologi

Aplikasi ini merupakan aplikasi tebaik buat mengeditt foto di handpone terbaik saat ini dengan kelebihan yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya. Aplikasi Lightroom ini merupakan salah satu contoh yang dipercayakan untuk mengatasi masalah editan sebuah foto yang difokus kepada pencahayaan, dapat membantu kita dalam memanipulasi cahaya agar hasil fotonya lebih maksimal dan bagus.

Berikut biggu akan merangkum beberapa keunggulan aplikasi lightroom.

Kelebihan Aplikasi Lightroom

Kelebihan aplikasi ini. Bukan hanya bagus dalam mengatur sebuah warna dan cahaya dalam sebuah foto, namun juga penggunaanya yang simple. Seperti.

Mengatur White Balance

White Balance pada umumnya diatur di kamera, tapi kita juga bisa mengubahnya di dalam aplikasi Lightroom. Dan bahwa fitur ini tidak akan bisa mengubah secara utuh white balance yang sudah ada didalam foto kecuali yang berformat Raw. Pengaturan ini juga dapat kita atur hingga foto dapat bisa diubah warnanya menjadi lebih oranye, biru, hijau, dan magenta dengan manual. Fitur ini juga tidak dimiliki oleh aplikasi edit foto lain. Fitur ini pun terdiri dari beberapa pengaturan seperti Temperature, Tint, Saturation, dan Vibrance.

Manipulasi Kecerahan Warna

Kita dapat meningkatkan level Vibrance agar dapat warna dalam objek foto bisa lebih menonjol lagi, dan ditambah dengan Saturation agar warna bisa dapat lebih terpisah dengan warna objek lain didalam foto. Aplikasi Lightroom ini juga mampu meningkatkan level warna dalam sebuah foto dengan sangat baik. Fitur yang didalam aplikasi edit foto ini sangat pas untuk kita dalam mengedit foto seperti dialam yang berbagai banyak warna biru laut, hijau pohon, dan juga merah langit.

Memperbaiki Pencahayaan dan Exposure

Kita dapat bisa mengaturnya didalam menu Light yang dibagi menjadi beberapa pengaturan.Pengaturan tersebut diantaranya Highlights, Shadows, Exposure, Contrast, Whites, dan Blacks. Setiap fiturnya memberikan efek yang berbeda iyalah.

  • Highlights-digunakan untuk mengatur kecerahan warna dan lebih sering digunakan untuk pencahayaan langit. Kita dapat mengurangi highlight untuk menampilkan detail awan yang lebih bagus.
  • Shadows-untuk mengatur warna gelap difoto
  • Exposure-akan mengatur seberapa terang cahaya yang ditampilkan dalam sebuah foto, semakin besar exposure, maka foto akan semakin terang lagi.
  • Contrast-untuk membagi sebuah kontras warna dalam satu foto.
  • Whites dan Blacks-akan mengatur sebuah roda warna hitam dan putih dalam satu foto. Untuk mengubah foto menjadi hitam putih.

Menghilangkan Objek

Aplikasi ini memiliki sebuah fitur Healing yang menghilangkan objek tersebut dalam gambar. Namun ada batas ukuran objek yang bisa dihilangkan dengan sempurna. Kita juga bisa menghilangkan objek kecil seperti jerawat. Sedangkan untuk menghilangkan objek besar harus diedit secara terpisah

Menghilangkan Noise

Aplikasi Lightroom ini terdapat fitur Noise Reduction dan Color Noise Reduction. Untuk memperbaiki foto yang memiliki bintik noise dapat lebih jernih lagi dan dapat mengembalikan warna yang kabur.

Undo dan Redo

Undo dan Redo asebuah fitur yang sangat cukup berguna dalam sebuah editing karena ada kejadian seperti salah editing. Undo yaitu fitur untuk membatalkan perintah editing. Redo yaitu membantu untuk mengulang editing yang sudah di lakukan setelah melakukan Undo.

Fitur Kamera

Fitur ini sangat berguna bagi Handpone yang tidak support foto manual seperti Google Pixel 3. Lightroom ini jugs mampu membebaskan untuk mengatur WB,ISO, dan bukaan lensa yang diatur secara digital. Hasil foto yang di tangkap akan dapat langsung bisa diedit dalam aplikasi.

Mengedit Foto Format Raw

Berbeda dengan foto berformat non Raw seperti Jpeg, jenis format ini juga memiliki informasi sebuah foto yang lebih mendalam. Sehingga bisa mengubah pengaturan ke maksimal bahkan setelah foto sudah tersimpan