Macam-macam Perbedaan Antara Gerund dan Infinitive

  • Wisatabogor
  • Oct 18, 2022
perbedaan gerund dan infinitive

Dalam bahasa Inggris terdapat aturan gerund dan infinitve. Keduanya memiliki kegunaan yang berbeda-beda dalam sebuah susunan kalimat. Langsung saja kita bahas.

Pengertian dari Gerund adalah kata kerja (verb) yang diberi imbuhan -ing. Berfungsi sebagai kata benda (noun). Hampir sama dengan bentuk Present participle/V-ing, namun ternyata Gerund adalah kata benda, sedangkan Present participle adalah kata sifat. Sedangkan pengertian dari infinitive adalah kata kerja dasar yang belum mengalami perubahan bentuk, baik karena perubahan waktu (tenses) atau penambahan akhiran s/es/ies.

Banyak yang bilang  bahwa kegunaan keduanya mirip, padahal keduanya merupakan sesuatu yang bebeda. Beberapa perbedaan gerund dan infinitive adalah berikut ini:

Perbedaan Struktur Gerund dan To Infinitive

Perbedaan pertama adalah dari strukturnya. Struktur gerund adalah verb yang diberi imbuhan atau akhiran -ing di akhir kata. Sedangkan untuk infinitive adalah kata yang memerlukan imbuhan “to” sebelum verb (kata kerja)dasar. Misalnya drink menjadi drinking dan to drink.

Perbedaan Fungsi Gerund dan To Infinitive

Ada beberapa perbedaan fungsi keduanya, yaitu:

a. Gerund bisa menjadi object dari sebuah preposisi, sedangkan to infinitive tidak bisa. Misalnya pada kalimat “Sam is thinking about buying a new car. (Sam tengah memikirkan untuk membeli mobil baru.)

b. Gerund bisa digunakan untuk menyatakan aksi yang nyata atau telah selesai dilakukan. Misalnya “I considered joining the English Olympiad. (Saya telah mempertimbangkan untuk ikut olimpiade Bahasa Inggris.)”

c. Sedangkan Invinitive digunakan untuk menyatakan aksi yang abstrak atau baru akan dilakukan. Misalnya seperti kalimat “I’d like you to pick me up tomorrow. (Aku ingin kamu menjemputku besok.)”

Itulah tadi perbedaan keduanya, kamu bisa mempelajarinya lagi lebih dalam dengan mengikuti kursus bahasa Inggris. Pelajari bahasa Inggris dengan mudah dan seru di EF Adults, kamu bisa merasakan belajar yang menyenangkan dengan para pengajar profesional. Meskipun memasuki usia dewasa, sangat penting untuk terus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mu. Bergabung di EF Adults sekarang juga untuk meningkatkan skill bahasa Inggris!

Related Post :