Sangat Penting Sekali untuk Melakukan Zakat, Infaq, dan Sedekah di Tengah Pandemi Covid-19

  • 2 min read
  • Jul 14, 2020
Zakat, Infaq, dan Sedekah

Penyebaran Covid-19 di Tanah Air telah membuat perekonomian nasional menjadi terhambat serta pemasukan menurun. Virus covid-19 yang menyerang hampir seluruh kalangan tanpa memandang latar belakang telah membawa dampak besar bagi seluruh masyarakat atas maupun bawah. Dan kamu juga bisa lihat tentang Lembaga Zakat Bogor terpercaya.

Keputusan mendadak yang mungkin tidak pernah terfikirkan sebelumnya oleh pemerintah pun harus diambil. Seperti menutup sekolah, kampus, perkantoran, fasilitas umum, maupun kebijakan lockdown di beberapa daerah dan masih banyak lagi.

Serta mengharuskan masyarakat berdiam di rumah untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Hal ini Membuat banyak orang yang harus rela kehilangan pekerjaan. Banyaknya karyawan yang di PHK, pekerja yang menggantungkan hidupnya dari pendapatan harian seperti pedagang asongan, pedagang pasar, tukang parkir, supir angkot dan masih banyak lagi harus merasakan pahit akibat kebijakan pemerintah dengan diberlakukannya pembatasan aktivitas.

Oleh karena itu untuk membantu meringankan perekonomian mereka pemerintah telah memberikan kebijakan seperti pembebasan atau pemberian diskon pembayaran listrik serta memberikan keringanan kredit selama pandemi covid-19.

Tapi bagaimana dengan makanan pokok dan kebutuhan sehari-hari jika tidak dapat lagi mencari nafkah untuk kebutuhan hidup keluarga dengan diberlakukannya pembatasan aktivitas. Keuangan islam mempunyai peran penting dalam membantu mengatasi permasalahan ini. Seperti memaksimalkan dana sosial islam baik melalui sedekah, infak, zakat, maupun lembaga wakaf.

Dana zakat, infaq, dan sedekah dapat digunakan untuk membantu masyarakat dengan menyediakan kebutuhan dasar seperti makanan dan alat kesehatan bagi para mustahik atau bagi masyarakat yang ekonominya lemah akibat covid-19 serta dapat membantu meringankan pelunasan hutang.

Selain itu dana wakaf juga dapat digunakan untuk menyediakan fasilitas seperti menyediakan sumber air bersih maupun alat-alat kesehatan yang mempunyai masa panjang. Tanah Air dengan mayoritas muslim terbesar seharusnya dapat memaksimalkan potensi dana keuangan islam. Salah satunya melalui dana zakat, infak, sedekah, maupun wakaf.

Adapun manfaat dan keutamaan dalam berzakat, Infaq, sedekah, dan Waqaf beberapa diantaranya adalah membersihkan harta dan membuat harta menjadi lebih berkah.

Di dalam Al-Quran surat At Taubah ayat seratus tiga Allah berfirman Ambil lah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu mensucikan dan membersihkan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kalian itu akan menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Di dalam ayat yang lain juga disebutkan Orang-orang yang menafkahkan hartanya di siang dan di malam hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada rasa kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati. (Q.S. Al Baqarah : 274 )

Alangkah baiknya jika kita sesama muslim dapat saling membantu dan tidak bersikap egois dengan memberikan sedikit harta yang kita miliki kepada yang lebih membutuhkan dengan begitu kita dapat membantu saudara kita yang ekonominya melemah akibat covid-19 untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya.

Itulah informasi tentang Sangat Penting Sekali Untuk Melakukan Zakat, Infaq, dan Sedekah di Tengah Pandemi Covid-19 dan kamu juga bisa lihat tentang Donasi Online Bogor yang recomended. Semoga bermanfaat buat semuanya.