Faktor keamanan merupakan hal yang sangat vital bagi para penumpang bus pariwisata. Seyogyanya, penyedia layanan sewa bus murah di Jakarta turut ambil bagian. Sebab, PO yang bisa menjamin penumpang aman bisa bikin hati peserta tur wisata jadi lebih nyaman. Berikut fitur pengaman yang sebaiknya diterapkan pada masing-masing bus.

Safety Belt

Meskipun fitur ini memiliki tingkat kebermanfaatan yang tinggi, namun sebagian besar masyarakat masih kerap mengabaikannya. Safety belt dihadirkan untuk menahan posisi duduk penumpang agar terhindar dari benturan. Biarpun terjadi benturan, hasilnya tak separah yang mengabaikan fitur ini.

Saat bus pariwisata melewati jalanan terjal nan bergejolak, tubuh Anda tetap terjaga ketika menggunakan safety belt. Terlebih lagi untuk tempat sewa bus pariwisata di Jakarta yang tiap hari berkutat dengan macet. Sedikit-sedikit berhenti. Mau tak mau, kendaraan jadi keseringan mengerem, kecuali saat memasuki jalan tol.

Kotak P3K

Fitur pengaman ini sangat penting dan wajib ada pada tiap-tiap bus. Soalnya keadaan darurat yang tidak disangka-sangka bisa terjadi kapan saja. Bisa saja saat jalan-jalan di tempat wisata, ada yang mengalami luka ringan atau terbentur sesuatu. Mudah-mudahan tidak ada. Tapi kemungkinan seperti ini bisa terjadi di luar kemauan kita.

Dengan adanya kotak P3K yang terdiri dari kasa steril, perban, plester, pinset, aquades, dan kawan-kawannya, hati jadi lebih nyaman. Sebab, tak ada yang bisa menjamin di tempat wisata ada dokternya. Begitu pula saat bus melaju di perjalanan. Oleh karena itu, pertolongan pertama wajib ada untuk mengurangi tingkat risiko usai terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Pemadam Kebakaran

Biarpun tak sering digunakan, fitur ini tetap sangat penting dan wajib disediakan oleh tempat sewa bus murah di Jakarta maupun tempat lainnya. Fitur ini difungsikan sebagai langkah pertama untuk menanggulangi potensi kebakaran di dalam bus. Sebab, Jakarta terkenal memiliki hawa yang cukup menyengat di siang hari. Khususnya di musim kemarau.

Sudah ada beberapa kasus bus yang terpanggang saat dilajukan di jalanan Jakarta gara-gara tak ada fitur pemadam kebakaran. Saat kebakaran terjadi, bukan hanya Anda yang mengalami bahaya tersebut, tetapi seluruh isi bus itu sendiri. Oleh karena itu, pilih tempat sewa bus pariwisata di Jakarta yang menyediakan fitur ini.

Palu Pemecah Kaca

Kota itu penuh dengan misteri. Punya potensi konflik kepentingan yang sebagian besar terjadi secara tiba-tiba. Misalnya saat bus melaju dengan lincahnya, tiba-tiba ada 2 rombongan yang menghalangi jalan. Keduanya berseteru gara-gara suatu kepentingan. Akhirnya, tawuran pun tak terhindarkan.

Sedangkan posisi bus yang saat itu sebagian kaca jendelanya terkunci membuat penumpang jadi was-was. Tanpa adanya palu pemecah kaca, penumpang mau lewat mana? Sedangkan tawuran yang terjadi bisa melibatkan lempar-lemparan batu atau benda keras. Amat berbahaya jika penumpang hanya terdiam di tempat duduk selama kisruh berlangsung.

Emergency Door

Selain palu pemecah kaca, tempat sewa bus pariwisata di Jakarta yang menyediakan emergency door atau pintu darurat juga patut dipertimbangkan. Fungsi emergency door pada bus kurang lebih sama dengan yang ada di gedung-gedung. Bus yang menerapkan pintu darurat seperti ini masih cukup sedikit. Salah satu yang menerapkannya adalah bus dari Sandholiday.

Sebagai penyedia sewa bus murah di Jakarta, fitur-fitur yang ada di Sandholiday terbilang sangat mumpuni. Biaya sewa untuk perjalanan wisata di Jakarta tergantung jumlah penumpang, jarak tempuh, dan sebagainya. Misalnya untuk perjalanan sehari per 19 seat saja, Anda hanya perlu merogoh kocek sedalam 950 ribu Rupiah saja.