Kereta api nampaknya kini sudah menjadi alat transportasi favorit masyarakat untuk bepergian ke luar kota dan daerah. Hal ini ditunjukkan dengan penjualan tiket kereta api yang tak pernah tersisa banyak setiap perjalanannya. Hal itu juga didukung dengan model penjualan yang berbagai ragam, sehingga tiket kereta api yang akan di jual dapat dijangkau oleh semua pihak bahkan membelinya tanpa harus bertatap muka (via online).

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, pembelian menggunakan website online nyatanya menjadi pilihan alternative banyak orang. Ya, selain mudah untuk dilakukan, pembelian tiket pun akan menjadi lebih mudah dan cepat terselesaikan. Namun demikian, ada beberapa hal yang nampaknya perlu menjadi perhatian Anda saat Anda membeli tiket kereta api dengan menggunakan jaringan online. Penasaran apa saja hal – hal tersebut? Untuk lebih jelasnya, yuk simak informasi berikut ini.

Menjaga Koneksi Internet Selama Pembelian

Ya, hal yang pertama harus Anda perhatikan adalah untuk menjaga koneksi internet Anda selama pembelian. Ini merupakan hal yang sangat penting yang perlu Anda perhatikan, mengingat apapun hal yang Anda lakukan via online tentunya memiliki ketergantungan koneksi internet. Nah, sama halnya dengan pembelian tiket kereta ini. anda juga harus menjaga dengan baik koneksi internet Anda, pasalnya tentunya yang hendak membeli tiket kereta bukan lah Anda sendiri, masih banyak orang yang pastinya ingin sekali memperebutkan kursi yang sama dengan Anda.

Dengan adanya koneksi internet yang baik, tentunya Anda dapat menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, seperti kehabisan tiket, terjadi pada diri Anda. jangan lupa Anda juga harus tetap cekatan dalam melakukan pembelian tiket kereta online ini, demi mendapatkan kursi yang Anda mau nantinya.

Mengakses Berbagai Macam Website Penyedia Tiket Kereta Api

Hal kedua yang perlu Anda lakukan dalam membeli tiket kereta api secara online ini adalah dengan mengakses berbagai macam website penyedia tiket kereta api. Jangan sampai Anda hanya bergantung pada satu website apalagi website tersebut merupakan website yang dikenal banyak orang dan menjadi pilihan banyak orang. Jika memang demikian, beralihlah ke website yang lain yang memiliki kemungkinan lebih besar untuk Anda untuk mendapat tiket kereta api yang Anda inginkan.

Hal yang lain yang mungkin terjadi adalah errornya halaman website akibat terlalu banyak pengunjung website yang melakukan transaksi pada saat itu. Nah, apabila demikian, tentunya halaman website akan terus error dan sudah jelas menjadi penghambat Anda untuk mendapatkan tiket yang Anda inginkan. Atau, jika memang tidak ada lagi website yang memungkinkan untuk Anda akses, segeralah pergi ke minimarket yang memiliki lokasi terdekat dengan Anda karena tempat – tempat tersebut biasanya sudah memiliki kerja sama dengan pihak KAI terkait pembelian tiket, prosesnya pun lebih pasti dan tidak membuat Anda was – was.

Hindari Pembelian di Jam – Jam Kritis

Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah mengenai jam atau waktu Anda mengakses website untuk membeli tiket kereta api. Sebagai saran tambahan, sebaiknya hindari jam – jam kritis seperti jam 1 atau 2 dini hari karena tentunya banyak pula orang yang juga hendak mengakses dan berujung pada dropnya halaman website. Hal ini dilakukan karena biasanya PT. KAI mengeluarkan tiket pada setiap mulai pukul 12 malam sehingga jam – jam tersebut tentunya merupakan jam kritis.

Anda bisa mencobanya mulai jam 3 atau jam 4 agar Anda mudah untuk mengakses website pembelian tersebut. Dengan seperti ini, proses pemesanan dan pemilihan Anda tidaklah terganggu oleh masalah – masalah jaringan yang muncul pada website itu sendiri.

Memesan Tiket Jauh – Jauh Hari

Hal selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memesan tiket sejak jauh – jauh hari. Hal ini dikarenakan pihak KAI biasanya akan mengeluarkan tiket H – 90 atau sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan kereta. Tentunya hal ini dapat Anda manfaat sebaik mungkin bukan, sebagai salah satu persiapan keberangkatan yang matang.

Dengan membeli di jauh – jauh hari, tentunya Anda akan lebih mudah untuk meneliti mengenai berkas – berkas keberangkatan Anda apabila terjadi kesalahan. Selain itu, Anda juga bisa mempersiapkan hal – hal yang lain yang menunjang keberangkatan Anda nantinya. Bagaimana? Lebih baik untuk melakukan transaksi di jauh – jauh hari bukan?

Memanfaatkan Aplikasi yang Memiliki Fitur Train Seat Alert

Sebelumnya, apa Anda pernah mendengar tentang fitur train seat alert? Nah, jika belum, Saya akan membahas beberapa hal mengenai fitur train seat alert ini. jadi fitur ini merupakan fitur peringatan yang ada pada aplikasi setelah Anda mencoba untuk mengatur dan menuliskan waktu keberangkatan Anda yang Anda inginkan beserta kereta yang akan Anda gunakan. Nantinya fitur ini akan memberi tahu Anda apabila tiket yang merupakan tiket keberangkatan yang Anda inginkan mulai dijual. Hal ini tentunya akan mencegah Anda dari kelupaan Anda terhadap tanggal dimulainya penjualan tiket.

Tak hanya itu saja, jika kemungkinan terburuknya Anda kehabisan tiket kereta api Anda, fitur ini juga menyediakan pengingat apabila tiket yang telah habis itu ternyata ada yang tidak jadi terjual. Hal itu tentunya sangat memudahkan Anda bukan? Anda dengan cepat dapat langsung mengambil tiket yang tidak terjual tersebut dan memesannya atas nama Anda.

Memilih Metode Pembayaran yang Termudah

Selanjutnya, setelah Anda sudah memastikan bahwa tiket kereta api yang Anda beli tidak salah, segeralah untuk menentukan metode pembayaran yang menurut Anda paling mudah. Tentunya di website tersebut terdapat banyak pilihan bukan? mengenai bagaimana kelanjutan pembayaran Anda nantinya. Nah, pilihlah yang termudah dan jangan sampai Anda salah pilihan. Mengapa? Karena dalam proses pembelian tiket kereta api online ini, Anda akan diberikan kesempatan sekitar 3 jam lamanya setelah proses booking tiket Anda, untuk melunasi pembayaran tiket Anda yang tertagih tersebut.

Nah, jika Anda memilih pembayaran dengan metode yang agak sulit, tentunya akan membuang waktu Anda dan bisa jadi Anda kehabisan waktu hanya untuk membayar dan melunasi tiket tersebut bukan? untuk itu, pilihlah metode termudah sehingga dalam proses pembayaran pun nantinya Anda tidak perlu repot – repot lagi melakukannya. Adapun beberapa proses pembayaran tiket kereta api yang mudah yaitu melalui atm, e – banking, minimarket, dan lain sebagainya. Bagaimana? Apa masih ada alasan untuk Anda untuk tidak sempat melunasi pembayaran tiket kereta api Anda?

Nah, itu dia beberapa hal yang dapat Anda perhatikan apabila beli tiket kereta dengan menggunakan aplikasi dan website online. Tetaplah berhati – hati dan gunakan aplikasi dan website yang resmi dan sudah dikenal banyak orang untuk menghindari adanya penipuan terhadap tiket kereta api yang Anda beli. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!